Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Kesehatan Utama

Jelang Hari Raya Kurban, Forkopimda Diminta Koordinasi Terkait Penanganan PMK

Pelaksanaan rapat koordinasi percepatan penanggulangan PMK pada ternak di wilayah Jawa Timur, di Hall Grand Mercure Malang, Senin (30/5/2022).

LUMAJANG (global-news.co.id) –
Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama Komandan Kodim 0821 dan Kapolres Lumanang mengikuti rapat koordinasi percepatan penanggulangan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak di wilayah Jawa Timur, yang berlangsung di Hall Grand Mercure Malang, Senin (30/5/2022).

Rakor tersebut, dipimpin langsung Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Dalam kesempatan itu, Gubernur Jatim meminta, agar seluruh kepala daerah melakukan langkah penanganan wabah PMK dengan berkoordinasi dengan Forkopimda setempat. Hal itu juga sebagai langkah antisipasi menjelang Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban.

“Mohon kepada bupati/walikota segera mengeluarkan SK, koordinasi dengan Dandim Kapolres dan Kajari untuk persiapan Hari Raya Kurban. Hari ini harus sudah restriktif, atau segera menentukan RPH di titik tertentu, sehingga pengawasan lebih detail,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan Jawa Timur Indiyah Aryani dalam laporannya menjelaskan, kasus PMK ditemukan di 25 wilayah kabupaten/kota di Jawa Timur. Data per 29 Mei 2022, sedikitnya ada 17.934 ekor sapi yang dilaporkan terkonfirmasi PMK, dengan rincian 15.521 ekor sapi menderita sakit, 124 ekor sapi mati dan 2.289 ekor sapi dinyatakan sembuh.

“Tingkat kematian PMK hanya berkisar satu sampai lima persen,” jelas dia.

Sementara, penanggulangan PMK di Kabupaten Lumajang sudah dilakukan, beberapa upaya yang sudah dilakukan di antaranya membentuk Gugus Tugas / Satgas PMK Kabupaten Lumajang, melakukan sosialiasi ke masyarakat di beberapa kecamatan, membentuk pusat pengaduan masyarakat, mengajukan bantuan obat-obatan dan vaksin ke Pemerintah Pusat/Provinsi.

Selain itu, juga bagikan desinfektan dan desinfeksi untuk kandang ternak, melakukan pengobatan ternak yang dilakukan oleh petugas dan pengetatan mobilisasi ternak (lalu lintas ternak dari dan ke Kabupaten Lumajang) bekerjasama dengan TNI/Polri serta sterilisasi dan desinfeksi pasar hewan atau menutup sementara kegiatan operasional pasar hewan. (uja, ins)

baca juga :

Kapolda Jatim Tinjau Vaksinasi Kalangan Pekerja di PT Santos

gas

Divonis Satu Tahun Penjara, Nia Ramadhani Menangis

Redaksi Global News

Manajemen  SI Bukber Bersama Pimpinan Media

Redaksi Global News