Global-News.co.id
Pendidikan Utama

Ikom UK Petra Resmikan Empat Laboratorium Berteknologi Tinggi

Rektor UK Petra (batik) saat mendengarkan penjelasan dari mahasiswa di Lab TV Ikom UK Petra.

SURABAYA (global-news.co.id) – Program Studi Ilmu Komunikasi (Ikom) UK Petra meresmikan empat laboratorium di Gedung Q kampus UK Petra Surabaya, Jumat (20/5/2022). Empat laboratorium yang terletak di lantai 5 dan 6 ini terdiri dari Laboratorium Public Relations, Laboratorium Media, Laboratorium Radio dan Laboratorium Televisi.

“Hari ini kami secara resmi launching empat laboratorium sekaligus. Sebenarnya laboratorium ini sudah kami miliki sebelumnya di gedung yang lama, akan tetapi karena kami pindah ke Gedung Q maka laboratorium ini pun ikut berpindah sekaligus kami menambah dengan alat-alat yang mengikuti standar professional industri dan transformasi digital,” ungkap Ketua Prodi Ikom UK Petra Jandy Luik PhD.

Peresmian laboratorium dihadiri oleh beberapa tamu undangan baik dari internal maupun rekanan dunia industri. Para tamu undangan dapat menyaksikan hasil karya keluaran mahasiswa hasil kolaborasi dengan komunitas luar dari setiap laboratorium yang dikunjungi, bahkan mencoba secara singkat fasilitas dalam laboratorium itu. Bahkan ada eksplorasi ‘metaverse’ untuk bidang komunikasi yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen kelas Interactive Digital Media.

Sementara itu Rektor UK Petra Prof Djwantoro Hardjito, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa peresmian laboratorium-laboratorium baru ini dalam rangka untuk memfasilitasi proses belajar kolaboratif lintas bidang ilmu (multi disiplin) begitu juga dengan dunia industri sekaligus sebagai proses untuk menyiapkan pemimpin masa depan.

Dijelaskan Prof Djwantoro, Laboratorium Public Relations  ini menjadi tempat mahasiswa berlatih melakukan berbagai aktivitas PR, seperti press conference, kampanye, public speaking, dan lain sebagainya.
Dilengkapi dengan perpustakaan mini untuk mendukung kegiatan riset mahasiswa. Semua komputer yang digunakan untuk praktik sudah web based misalnya seperti aplikasi Google Tranding, Netray, Mediacloud dan lain-lain.

Sedangkan di Laboratorium Media, para mahasiswa peminatan Print and Online Journalism yang biasanya menggunakan lab ini. Dilengkapi fasilitas komputer, jaringan internet LAN dan WiFi, dan perpustakaan media.  Tempat ini menjadi sebuah ruang yang lengkap untuk proses riset media, pencarian dan pembuatan berita, hingga penyebarannya. Lab media ini sendiri lebih ke arah produksi buku, newsletter dan kompilasi tulisan hasil pengabdian bagi masyarakat.

Sedangkan di Laboratorium Radio dilengkapi dengan perlengkapan siaran yang didesain sesuai dengan stasiun radio sesungguhnya. Peralatannya pun sangat mendukung ke arah konvergensi dan digitalisasi Media.
Baik itu fasilitas komputer, microphone, digital audio mixer, dan kamera yang digunakan adalah spesifikasi terkini yang memaksimalkan praktik mahasiswa. Tak hanya itu, juga tersedia Ruang Redaksi, Produksi, dan Studio yang digunakan dalam proses pembuatan konten yang selama ini telah disiarkan melalui Petra Campus Radio.

Sementara di Laboratorium TV menfasilitasi karya kolaboratif dan siap hadapi transformasi digital. Bentuknya dibuat sebagai replika proses produksi stasiun televisi. Sebab setiap kegiatan yang dilakukan memiliki tujuan untuk mengasah ketrampilan praktis mahasiswa dalam banyak hal. Mulai dari penggunaan kamera, produksi program siaran hingga proses penyiaran yang dilakukan oleh presenter televisi.

Fasilitasnya pun sangat canggih, teknologi visualnya sudah mencapai 4K kemudian Digital Mixernya sudah touch screen dan bahkan House productionnya sudah full HD yang menjadi standar industri. (tis)

baca juga :

Rakyat Miskin Terendah, tapi Dana UHC Pamekasan Terbesar di Madura

gas

10 WNI Ditawan Kelompok Abu Sayyaf

Redaksi Global News

Liga 1: Pergerakan Persib di Bursa Transfer Sesuai Permintaan Pelatih