Global-News.co.id
Nasional Utama

Ibadah Haji 2022, Kemenag Rilis Daftar JCH Yang Berhak Berangkat

Pelaksanaan ibadah haji di Kota Mekkah, Arab Saudi

JAKARTA (global-news.co.id) – Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama merilis daftar nama jamaah calon haji (JCH) reguler yang berhak berangkat ke Tanah Suci pada tahun 1443 H/2022 M.

Daftar nama jamaah calon haji tersebut bisa diakses melalui laman www.haji.kemenag.go.id.

“Alhamdulillah, proses verifikasi daftar nama jamaah haji regular sudah selesai. Saya sudah terbitkan Keputusan Dirjen PHU terkait itu,” ujar Dirjen PHU Kemenag Hilman Latief dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Ia menambahkan daftar nama tersebut sudah diumumkan dan dikirim ke Kanwil Kemenag Provinsi seluruh Indonesia untuk segera ditindaklanjuti.

Hilman mengatakan proses verifikasi dilakukan untuk memastikan seluruh jamaah calon haji yang berangkat memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Saudi, yaitu mereka yang berusia paling tinggi 65 tahun nol bulan per tanggal 30 Juni 2022 serta sudah menerima vaksinasi Covid-19.

“Saya minta jamaah yang sudah ditetapkan berhak berangkat tahun ini segera mempersiapkan diri dengan baik. Jangan lupa melakukan konfirmasi keberangkatan pada bank tempat mendaftar,” tuturnya.

Ia menambahkan jamaah calon haji dapat melakukan proses konfirmasi dari 9 hingga 20 Mei 2022.

Hilman mengatakan, Arab Saudi menetapkan kuota haji Indonesia tahun 2022 ini hanya 100.051 orang. Jumlah itu terdiri atas 92.825 kuota jamaah haji regular, 7.226 kuota jamaah haji khusus dan 1.901 kuota petugas.

Semuanya berkurang dari kuota normal sehingga ada jamaah yang sudah melunasi pada tahun 2020, tetapi belum bisa berangkat tahun 2022 ini.

“Saya berharap semua saling memberi semangat. Jamaah yang berangkat memberi semangat kepada yang belum berangkat dan mendoakan semoga segera mendapat giliran. Demikian juga jamaah yang belum berangkat, memberi semangat pada mereka yang akan berangkat tahun ini dan mendoakan semoga sehat dan mendapat haji mabrur,” ujarnya.

Berkenaan dana haji, Hilman mengatakan bahwa dana itu tidak lagi dikelola Kementerian Agama, tapi oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Kementerian Agama hanya mengelola biaya penyelenggaraan pada tahun berjalan setelah dibahas dan disepakati bersama dengan Komisi VIII dan BPKH.

“Insya Allah seluruh proses manajemen pengelolaan biaya penyelenggaraan ibadah haji dilakukan secara transparan dan ditujukan untuk memberikan kemaslahatan sebesar-besarnya kepada jemaah haji Indonesia,” tutur Hilman.

Ia mengimbau masyarakat untuk ikut serta memberikan dukungan dalam menyukseskan penyelenggaraan haji 1443 H/2022 M. (ntr, ins)

baca juga :

Piala Dunia 2022: Kalahkan Wales, Iran Buka Peluang Lolos Fase Grup

Redaksi Global News

Rais Aam PBNU: Kekang Masa Disrupsi, Kaum Santri Kedepankan Akhlak

Redaksi Global News

Bupati Gus Muhdlor Tinjau Vaksinasi di GOR Delta Sidoarjo

gas