Global-News.co.id
Mancanegara Nasional Utama

Fakta-fakta Pencarian Eril di Sungai Aare hingga Hari Ketiga

Aliran Sungai Aare, Swiss, tempat anak Ridwan Kamil, Eril, hanyut. (foto: iStockphoto)

JAKARTA (global-news.co.id) – Putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril belum ditemukan usai hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada Kamis (26/5) lalu.

Eril hilang saat berenang di Sungai Aare. Ia dikabarkan hilang karena terseret arus. Sejak itu, KBRI Bern dan kepolisian Swiss terus bekerja sama menggelar operasi pencarian.

Berikut fakta-fakta pencarian Eril sampai pada Sabtu (28/5), waktu setempat:

1. Pengerahan Drone
Tim SAR Swiss mengerahkan drone pemindai suhu tubuh dalam mencari Eril.

“Pada masa darurat 15 menit, tim SAR melakukan pemindaian menggunakan drone dengan sensor yang mendeteksi panas tubuh, pada saat itu suhu air di Sungai Aare diperkirakan 16 derajat celcius dengan arus yang cukup kuat,” kata Dubes RI di Swiss, Muliaman Hadad dalam konferensi pers, Sabtu (28/5).

2. Pencarian Berfokus pada Dua Pintu Air
KBRI Bern mengatakan pencarian Eril pada Minggu (29/5) bakal berfokus pada area sekitar dua pintu air, yakni Schwellenmaetelli dan Engehalde.

“Rencana pencarian besok akan difokuskan pada area di antara dua pintu air terdekat lokasi terakhir terlihatnya Sdr. Eril, yaitu Schwellenmaetelli dan Engehal,” demikian pernyataan KBRI Bern, Sabtu (28/5).

Dua lokasi itu dipilih tim pencarian karena berdasarkan keterangan saksi sosok Eril terakhir kali terlihat di antara dua pintu air tersebut.

3. Tim Penyelam Diterjunkan
Muliaman mengatakan tim penyelam diterjunkan untuk mencari Eril. Namun, pengerahan tim penyelam juga memperhatikan kondisi sungai.

Tim penyelam dapat dikerahkan bila kondisi air sungai jernih dan tak terlalu dingin.

“Sungai Aare airnya datang dari salju yang meleleh, kadang ada kristal-kristal putih sehingga membuat air menjadi keruh sehingga menyulitkan penyelaman,” kata Muliaman.

4. Menyisir 17 Km Area Sungai Area
KBRI Bern dalam rilisnya menyampaikan tim SAR menyisir 17 kilometer area Sungai Aare, yakni dari Jembatan Tiefenau hingga ke pintu air Wohlensee, Jumat (27/5). Tim SAR juga menurunkan penyelam untuk memulai pencarian bawah air.

5. Ridwan Kamil Perpanjang Cuti Satu Pekan
Ridwan Kamil mengajukan perpanjangan cuti kerja sebagai Gubernur Jawa Barat selama satu pekan. Perpanjangan cuti diajukan agar RK, sapaannya, dapat fokus dan terlibat langsung dalam pencarian anaknya.

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum meminta warga Jawa Barat memaklumi apa yang dilakukan Ridwan Kamil. Dia juga memastikan pelayanan masyarakat di Pemprov Jabar tak akan terganggu akibat cuti RK.

6. Terjun Langsung Cari Eril
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Jawa Barat, Ika Mardiah menyampaikan Ridwan mengikuti langsung pencarian Eril pada Sabtu (28/5).

Ridwan Kamil juga bertemu dengan Kepala Polisi Maritim Urs Kaser dan Kepala Kepolisian Regional Bern Thomas Mueller untuk mendengar laporan hasil pencarian. (cnn, ins)

baca juga :

Rayakan Imlek 2569, Warga Tionghoa Sambut Hangat Pak Basuki, Cabup Putra Asli Bojonegoro

gas

Liga 1: Program Seleksi Terbuka, Joko Akui Kesulitan Cari Striker Lokal

Pemkot Surabaya Akan Bangun Halte Bus dan Pedestrian di Kawasan Jl Pasar Turi

Redaksi Global News