Global-News.co.id
Sosok Utama

Edukasi Bipolar

Marshanda

AKTRIS Marshanda kesal belakangan ini penyakit bipolar disorder sering disebut-sebut di media sosial seakan-akan telah menjadi tren. Bahkan ada yang menjadikannya sebagai candaan, mengklaim dirinya sebagai pengidap bipolar, hingga menjadikan bipolar sebagai alasan dalam sebuah permasalahan. Seperti pernah terjadi pada Medina Zein. Sebagai penderita bipolar yang sedang berjuang untuk bisa sembuh, Marshanda geram dengan semua itu.

Melalui sebuah video di Instagram, Marshanda memberikan tanggapan bersifat edukasi soal ini. Dia mengatakan bahwa penyakit mental seperti bipolar bukanlah sebuah tren.

“Gue bikin video gini mau ngasih tahu bahwa buat kalian atau adik kalian la la la, yang melakukan diagnosa diri sendiri dan merasa kayaknya gue gaul deh kalau gue bilang ke orang-orang ‘gue punya penyakit bipolar, gue depresi klinis’, gue kasih tahu ya, penyakit mental itu bukan tren!” tegas Marshanda.

Lebih lanjut, dia mengatakan, penyakit mental bukanlah penyakit yang bisa didiagnosa sendiri. Apalagi hanya bermodalkan mencari di internet. Marshanda menyebut bahwa yang bisa mendiagnosa seseorang mengidap penyakit mental adalah psikiater.

“Dan jangan yakin kalau lu itu bipolar, apa pun itu deh, pokoknya penyakit mental dan lain-lain dengan hanya cari dari google. Itu bukan cara yang tepat untuk mendiagnosa. Yang mendiagnosa kita adalah psikiater, yang tahu data kita lengkap dari lahir sampai sekarang. Jadi mendiagnosa pun juga ada tanggung jawab besar,” jelas Marshanda.

Marshanda yang saat ini masih terus berjuang untuk mengatasi penyakitnya itu tentunya merasa kecewa dengan fenomena penyakit mental yang dijadikan tren. “Kita sebagai pasien bertanggung jawab ngejelasin dengan lengkap apa riwayat kita, dan gue berjuang selama hidup gue untuk menyembuhkan, menjaga, dan merawat. Jadi, sangat menyakitkan melihat bipolar disorder jadi ‘trendy’,” tutupnya.

Di kolom komentar, pernyataan Marshanda ini mendapat banyak dukungan, khususnya dari mereka yang juga tengah mengidap sakit mental dan merasakan hal yang sama. Tidak sedikit juga yang kemudian menyinggung beberapa public figure, termasuk Medina Zein. “Publik figur yang lain harus belajar dari ka Caca. Teruskannnn edukasinya ka,” tulis @helenroman.

“Cocok ni MZ konsultasi sama mbac ini..,” timpal @putry_ainun_albanjari.
“Kalo yg onoh malah di jadikan tameng agar nutupin kelakuan nya😢,” tambah @cfycarina.

Sebelumnya, kuasa hukum Medina Zein, Razman Arif Nasution, mengabarkan bahwa selebgram 29 tahun itu sedang sakit dan tengah menjalani perawatan di rumah sakit. Razman menceritakan, Medina Zein sudah dirawat di salah satu rumah sakit di Bandung, Jawa Barat, sejak 7 Mei 2022. “Medina Zein itu tanggal 7 Mei 2022, sudah dirawat di salah satu rumah sakit di Bandung,” ujarnya di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, kemarin. Razman pun menuturkan bahwa kliennya itu menderita bipolar. “Tidak mungkin Medina pura-pura sakit bipolar,” katanya.

Medina Zein akhir-akhir ini viral jadi sorotan publik. Mulai prahara rumah tangganya dengan adik artis Ayu Azhari, Lukman Azhari, hingga kasus penipuan yang diduga dilakukan oleh selebgram berusia 29 tahun tersebut terhadap beberapa selebriti lain di tanah air. (vvn, wis)

baca juga :

Laga Pembuka BRI Liga 1, Persik Tak Gentar Hadapi Bali United

Redaksi Global News

Syekh Ali Jaber Dimakamkan di Ponpes Daarul Quran Tangerang

Redaksi Global News

Pemerintah Kaji Usulan Bulog untuk Impor Gula 200.000 Ton

Redaksi Global News