Global-News.co.id
Metro Raya Politik Utama

Dukung Sikap Walikota Eri Tampilkan Hasil Kinerja Anak Buah, Ketua Potas: Kami Siap Kawal!

Potas dukung sikap Walikota Surabaya Eri Cahyadi yang meminta seluruh hasil kinerja pejabatnya disampaikan ke publik atau media massa.

SURABAYA (global-news.co.id) – Kelompok Kerja Wartawan Taman Surya (Potas) mendukung sikap tegas Walikota Surabaya Eri Cahyadi yang meminta seluruh hasil kinerja pejabatnya disampaikan ke publik atau media massa.

Instruksi tersebut sebagaimana ditujukan Walikota Eri kepada seluruh pejabat di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Mulai dari Kepala Perangkat Daerah (PD), camat hingga lurah se-Kota Surabaya.

Ketua Potas Kota Surabaya, Robby Julianto, mengapresiasi sikap tegas yang diambil Eri Cahyadi. Ia menilai, langkah itu sebagai bentuk pertanggungjawaban kinerja pemerintah kepada masyarakat sekaligus keterbukaan informasi publik.

“Kami dari Potas mengapresiasi langkah Pak Walikota Eri Cahyadi. Bahkan, kami dari Potas juga siap mendukung kebijakan itu,” kata Robby di Kantor eks Bagian Humas Pemkot Surabaya, Jumat (27/5/2022).

Sebagai mitra Pemkot Surabaya, Robby juga menyatakan, jika Potas siap mengawal kebijakan walikota tersebut. Bahkan, pihaknya juga siap memfasilitasi Kepala PD, camat dan lurah yang ingin menyampaikan hasil kinerjanya melalui media massa.

“Sebagai mitra dan awak media yang bisa meliput di lingkungan Pemkot Surabaya tentu kita siap mendukung. Karena ini juga demi kemajuan Kota Surabaya. Apalagi keterbukaan informasi publik diatur dalam Undang-undang (UU) No 14 Tahun 2008,” kata dia.

Robby juga menyebut, awak media yang tergabung dalam Potas juga siap menjadi perantara komunikasi antara Pemkot Surabaya dan masyarakat. Pihaknya juga siap membantu melakukan sosialisasi dan edukasi berbagai program kerja Pemkot.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi mengingatkan kontrak kinerja seluruh pejabat di lingkup Pemkot Surabaya

“Kita juga bakal terjunkan rekan-rekan awak media yang tergabung dalam Potas untuk mengawal kebijakan walikota hingga ke kecamatan dan kelurahan,” ungkap dia.

Sebelumnya Walikota Surabaya Eri Cahyadi mengingatkan terkait kontrak kinerja kepada seluruh pejabat di lingkup Pemkot Surabaya. Dalam kontrak kinerja itu telah tercantum sebuah komitmen dan pertanggungjawaban kepada masyarakat Surabaya.

Oleh sebabnya, Eri meminta setiap 6 bulan sekali, output dan outcome pejabat Pemkot disampaikan ke media massa. Baik itu hasil kinerja Kepala Perangkat Daerah (PD), camat maupun lurah. Ini sebagai bentuk pertanggungjawaban Pemkot dan keterbukaan informasi publik kepada masyarakat.

Eri juga menyatakan ingin membangun Kota Pahlawan dengan melibatkan semua pihak. Makanya, ia ingin agar setiap output dan outcome pejabat Pemkot disampaikan ke publik agar warga juga dapat memberikan evaluasi dan penilaian.

“Karena saya ingin membangun Kota Surabaya ini dengan melibatkan seluruh elemen yang ada. Mulai dari pers, stakeholder, DPRD, maupun elemen masyarakat,” ujar dia. (pur)

baca juga :

Pemda Diminta Dukung Target Satu Juta Wirausaha Mapan

Pertamax Turbo Resmi Dipasarkan di Jawa Timur

Redaksi Global News

Satgas Covid-19 Surabaya Asesmen Kantor Pemprov Jatim Sesuai Permintaan Sekda Prov

Redaksi Global News