Global-News.co.id
Sport Utama

Demi Pembibitan, Gubernur Khofifah Dukung Kejuaraan Bulutangkis Piala Gubernur 2022

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (tengah)

SURABAYA (global-news.co.id) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendukung penuh gelaran Kejuaraan Bulutangkis  Piala Gubernur 2022. Even tersebut akan digelar oleh Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Jawa Timur, pada 28 Mei hingga 4 Juni 2022.

Semua persiapan telah dilaporkan oleh Ketua KONI Jatim Moh. Nabil dan  Ketua Pengprov PBSI Jatim Tonny Wahyudi didampingi Kadispora Pulung Chausar di Gedung Negara Grahadi pada Selasa (17/5/2022) lalu.

Selain dapat menjaring atlet-atlet muda baru berbakat, Gubernur Khofifah berpendapat bahwa even ini juga mendorong tumbuhnya semangat baru bagi proses pencarian dan pembibitan atlet bulutangkis Jawa Timur.

Rencananya, Gubernur Khofifah sendiri yang akan membuka Piala Gubernur 2022, di GOR Sudirman Surabaya.

“Saya berharap ini dapat membangun semangat baru bagi jajaran Pengprov  PBSI yang baru untuk melakukan konsolidasi sekaligus menguatkan jejaring pencarian dan pembibitan atlet bulutangkis di Jawa Timur,” ujar Khofifah Grahadi, Surabaya, Minggu (22/5/2022) pagi.

Khofifah mengakui keunggulan Jawa Timur yang merupakan salah satu ‘ladang’ pencetak legenda atlet-atlet bulutangkis profesional tingkat dunia. Sebut saja Maestro Bulutangkis  Dunia Rudi Hartono, Alan Budikusuma, Minarti Timur, dan Soni Dwi Kuncoro.

“Mereka semua adalah simbol-simbol yang luar biasa sebagai pemacu semangat para atlet muda bulutangkis Jawa Timur. Apalagi saat ini juga banyak klub besar nasional, yang mencari atlet di Jatim,” kata Khofifah.

Gubernur Khofifah mengenang masa-masa para legenda bulutangkis tersebut, yang merupakan gravitasi bagi atlet di zamannya sampai saat ini.  Para  patriot olahraga cabor bulutangkis tersebut saat ini menjadi hero bagi inspirasi para generasi muda Indonesia khususnya di bidang olahraga.

“Piala Gubernur bukan sekadar kompetisi, namun ada proses apresiasi bagi para senior dan semangat yunior untuk mengikuti jejak sukses luar biasa seniornya,” kata Khofifah.

Dijumpai di tempat terpisah, Ketua PBSI Jatim Tonny Wahyudi mengatakan gelaran kejuaraan bulutangkis Piala Gubernur ini merupakan salah satu proses penjaringan atlet. Mereka yang unggul akan dikirim mewakili Jawa Timur pada pertandingan Piala Presiden di Jakarta awal Agustus mendatang.

“Selanjutnya juga ada International Challenge yang diikuti oleh para atlet bulutangkis dari seluruh dunia, yang akan diselenggarakan pula di GOR Sudirman Surabaya,” imbuhnya.

Untuk itu, PBSI Jatim dalam waktu dekat akan merenovasi GOR Sudirman Surabaya untuk mempersiapkan pertandingan mendatang. Termasuk pengembangan fasilitas asrama bagi para atlet binaan PBSI Jatim dan KONI Jatim.

“Hal ini dilakukan sebagai salah satu keseriusan kami dalam rangka pembibitan atlet-atlet bulutangkis agar tidak keluar dari pembinaan dari Jawa Timur. Maka pembinaan dan pembibitan harus terus dilakukan,” ujar Tonny.

Dalam renovasi GOR Sudirman Surabaya seluas 800 meter tersebut, rencananya disediakan mess (asrama) bagi 84 atlet bulutangkis Jawa Timur, baik putra maupun putri.

Untuk memaksimalkan hal tersebut KONI Jatim juga menyiapkan tim talent scouting dalam rangka pencarian bakat bibit atlet muda untuk dimasukkan dalam Puslatprov  Jatim. Serta tim ahli gizi dan psikolog guna memantau perkembangan dan kebutuhan para atlet. (jtm, ins)

baca juga :

Evaluasi 96 Lembaga, Menpan Tegaskan Bisa Dibubarkan Jika Tak Ada Urgensinya

Redaksi Global News

Raih Hasil Positif, Pesut Etam Tetap Evaluasi Performa

Redaksi Global News

Poligami Diperdakan di Kabupaten Pamekasan

Redaksi Global News