Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Jember Raya Utama

Cegah Penularan PMK, Pasar Hewan di Lumajang Disemprot Disinfektan

Pelaksanaan penyemprotan disinfektan di pasar hewan Lumajang

LUMAJANG (global-news.co.id) –
Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) bersama Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka Darmawan meninjau pelaksanaan penyemprotan disinfektan di Pasar Hewan, Kelurahan Jogotrunan Kabupaten Lumajang, Jumat (13/5/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Bunda Indah menerangkan, penyemprotan disinfektan bertujuan mengendalikan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang sejumlah hewan ternak utamanya sapi.

“Ini dilakukan penyemprotan disinfektan di Pasar Hewan, salah satu upaya untuk mengendalikan PMK, saya sampaikan jangan panik,” kata dia.

Dirinya meminta kepada para peternak, jika memiliki ternak sapi yang mengalami kondisi yang mendekati gejala PMK untuk segera dilaporkan kepada petugas agar mendapatkan penanganan secara tepat. “Periksakan, kami siap melayani, boleh konsultasi kesehatan, gratis tidak berbayar,” kata dia.

Sementara itu, Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka Darmawan mengungkapkan, dirinya meminta agar tidak mengeluarkan sapi dalam kondisi sakit keluar kandang. “Semua harus waspada, yang sakit dan gejala sakit jangan dijual. Biarkan diisolasi dulu, diobati dulu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya siap untuk membantu para peternak untuk melakukan penanganan pada hewan ternak sapi yang sedang sakit. (kmf, lmj)

baca juga :

Walikota Surabaya Minta Penambahan Crossing Air di Kawasan Ngagel

Redaksi Global News

Jangan Lewatkan, Pameran UMKM Virtual Pertama di Kota Surabaya Segera Digelar

Titis Global News

Fraksi Demokrat Jatim Usulkan Pemberian Insentif bagi Tenaga Medis COVID-19

Redaksi Global News