Global-News.co.id
Gaya Hidup Metro Raya Utama

Belasan Mobil Hias Meriahkan Pawai Bunga dan Budaya 2022

Belasan mobil hias memeriahkan Pawai Bunga dan Budaya atau Surabaya Vaganza 2022

SURABAYA (global-news.co.id) – Belasan mobil hias memeriahkan Pawai Bunga dan Budaya atau Surabaya Vaganza 2022 dalam rangka Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-729, dengan start dari Siola hingga ke Alun-alun Surabaya, Sabtu (28/5/2022) sore hingga malam.

“Alhamdulillah, akhirnya bisa melihat pawai bunga. Sudah dua tahun tidak ada karena pandemi,” kata salah seorang warga Kedungdoro, Surabaya, Arini, saat melihat pemberangkatan mobil hias di Siola Jl Tunjungan, Surabaya.

Ada sebanyak 16 mobil hias yang diberangkatkan Walikota Surabaya Eri Cahyadi di depan Siola sekitar pukul 15.00 WIB. Sedangkan untuk peserta pawai budaya, ada sebanyak 10 komunitas beranggotakan hingga ratusan orang yang mengikuti parade tersebut.

Beberapa komunitas yang ikut dalam parade budaya itu adalah komunitas Papua, Tionghoa, Minang, dan beberapa komunitas lainnya.

Walikota Eri mengatakan, adanya pawai bunga dan pawai budaya ini merupakan wujud kebangkitan Kota Surabaya menuju kerakyatan ekonomi.

“Surabaya hebat dan menjadi makmur. Semua itu bukan karena walikotanya, tapi karena warganya. Ayo lewati pandemi Covid-19, lewati susahnya ekonomi dengan gotong royong,” kata Eri.

Setelah memberangkatkan peserta Surabaya Vaganza, Eri Cahyadi bersama istri dan kedua anaknya menaiki mobil diikuti para pejabat Pemkot Surabaya.

Untuk mendukung kelancaran acara, Dinas Perhubungan Kota Surabaya telah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas mulai dari kawasan Jl Tunjungan Siola hingga Alun-alun Suroboyo.

Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Dishub Kota Surabaya, Irwan Andeksa, menyatakan, pihaknya telah menyiapkan rekayasa arus lalin selama pelaksanaan Surabaya Vaganza.

Pengalihan arus lalin diterapkan di kawasan yang menjadi rute acara Surabaya Vaganza yaitu, arus lalin dari Jl Gemblongan menuju Jl Tunjungan dialihkan ke Jl Praban dan Jl Genteng Kali. Lalu, arus lalin dari Jl Blauran menuju Jl Tunjungan/Genteng Kali diarahkan lurus ke Jl Bubutan.

Kemudian, arus lalu lintas dari Jl Genteng Kali ke Jl Tunjungan dialihkan menuju Jl Praban. Sedangkan, arus lalin dari Jl Ngemplak/Walikota Mustajab menuju Jl Simpang Dukuh, dialihkan menuju Jl Genteng Kali.

Selanjutnya, arus lalu lintas dari Jl Basuki Rahmat menuju Jl Gubernur Suryo dialihkan menuju Jl Embong Malang. Kemudian, arus lalu lintas dari Jl Pemuda menuju Jl Yos Sudarso dialihkan menuju Jl Panglima Sudirman.

Terakhir, arus lalu lintas dari Jl Genteng Kali menuju Jl Tunjungan/Praban dialihkan menuju Jl Undaan.

Dishub juga menerjunkan 100 personel untuk mendukung kelancaran Surabaya Vaganza. Para personel itu akan tersebar ke setiap persimpangan jalan serta perlintasan lampu lalu lintas.

“Para petugas itu akan membantu mengatur parkir para pengunjung hingga menata rambu dan barrier untuk kelancaran arus lalu lintas,” ujar Irwan.

Dishub juga menyiapkan sejumlah titik parkir, seperti di gedung Siola, Jl Genteng Besar, Jl Praban, Embong Malang sisi kanan, Pasar Tunjungan, belakang Taman Apsari, Balai Pemuda, hingga Jl Ketabang Kali sisi timur. (pur)

baca juga :

Surabaya Raya Tak Perpanjang PSBB, Siap Terapkan New Normal

Redaksi Global News

Pemkot Surabaya Fasilitasi Pemasaran Produk Urban Farming

Redaksi Global News

Sekda Sidoarjo Instruksikan TPID Kendalikan Inflasi

gas