Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Jember Raya Utama

Atasi Wabah PMK, Pasar Hewan di Lumajang Disterilisasi Selama Dua Minggu

Sejumlah pasar hewan di Kabupaten Lumajang mulai Kamis (26/5/2022) secara serentak disterilkan

LUMAJANG (global-news.co.id) –
Sejumlah pasar hewan di wilayah Kabupaten Lumajang pada Kamis (26/5/2022) secara serentak disterilkan. Hal itu untuk menekan penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kukuh (PMK) yang menyerang hewan ternak.

“Kami melakukan penyemprotan disinfektan secara massal semua pasar hewan yang ada di Lumajang. Pasaran semua hari ini sterilisasi supaya membuka lagi persiapan hari Raya Kurban sambil melakukan pencegahan dan penanganan PMK di beberapa kecamatan,” kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq).

Cak Thoriq juga menerangkan, selama penyeterilan berlangsung, pasar hewan akan ditutup sementara selama dua minggu, sehingga tidak diperkenankan ada aktivitas jual beli hewan ternak.

“Pembersihan pasar supaya tidak ada virus melekat sehingga saat ditutup dua minggu sudah steril pasar kembali dibuka,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka Darmawan menyampaikan, pihaknya akan mendukung upaya pemerintah daerah untuk langkah penanganan dan menekan penyebaran wabah PMK.

“Polri dan TNI dukung penuh dalam hal penanganan dan pencegahan PMK ternak. Kami Bentuk satgas hingga ke desa untuk membatasi mobilisasi ternak sakit agar dilokalisir tidak boleh keluar dari area mereka,” ujarnya.

Kapolres juga mengimbau masyarakat untuk tidak menjual sapi dalam kondisi sakit apalagi dengan harga yang murah. “Lebih baik disehatkan dulu agar harga jual wajar dan tidak merugikan peternak,” imbau dia.

Sementara, Komandan Kodim 0821 Lumajang, Letkol. Czi. Gunawan Indra Yitno mengungkapkan, pihaknya juga siap untuk mendukung upaya pemerintah dalam menanggulangi wabah PMK.

Dirinya juga berharap upaya yang dilakukan akan membawa hasil yang baik, sehingga Kabupaten Lumajang kembali sehat dan terbebas dari wabah PMK.

“Prinsipnya kami komitmen melaksanakan penanggulangan PMK. Komitmen satu, Lumajang bersih dan sehat kembali,” kata dia. (lmj, uja)

baca juga :

Kirab Tumpeng Meriahkan Perayaan Ruwah Rangkahkidul Kabupaten Sidoarjo

Redaksi Global News

Selama Januari-Agustus 2022, Dinkes Madiun Catat 212 Kasus DB

Redaksi Global News

SEA Games 2021: Dayung Sumbang Emas Pertama bagi Indonesia