Global-News.co.id
Mataraman Sport Utama

Wisata Rintisan Nganjuk, Disporabudpar Uji Coba Paralayang

Tim uji coba paralayang bersiap menjajal langit Desa Losari, Gondang, Nganjuk

NGANJUK (global-news.co.id) – Destinasi wisata di Kota Bayu Nganjuk bakal kian beragam. Optimisme disampaikan Drs Gunawan Widagdo, MSi, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata ( Disporabudpar) usai menyaksikan uji coba paralayang di Desa Losari, Kecamatan Gondang, Jumat (1/4). Sebanyak tiga atlet paralayang Jawa Timur sukses menjajal terbang berkeliling di langit Desa Losari.

Kepala Dinas yang gemar berolahraga itu menyampaikan, uji coba atau tracking lokasi paralayang di Desa Losari tersebut menjadi terobosan wisata baru di Kabupaten Nganjuk.

“Memperkaya khasanah wisata olahraga di Nganjuk melalui wisata paralayang,” tuturnya yang juga menyebut kegiatan ini, sekaligus dalam rangka memperingati HUT ke-1085 Kabupaten Nganjuk.

Gunawan Widagdo menyebut letak strategis Kecamatan Gondang di Kawasan Industri Nganjuk (KING), bakal menarik wisatawan termasuk pekerja industri.

“Dukungan dari Plt. Bupati, Forkopimda, OPD dan masyarakat Nganjuk sangat penting untuk menyukseskan ini,” imbuhnya sembari menyebut rencana wisata rintisan paralayang telah disiapkan dan disurvei tahun lalu.

Uji coba paralayang dihadiri Ketua Paralayang Jatim, Dinas PUPR, Disporabudpar, TNI, Pemdes Losari dan Pramuka Kwarcab Nganjuk.

Arifin, Ketua Tim Paralayang Jatim menyampaikan, kegiatan uji coba berjalan sukses. Dari hasil tiga kali uji coba, semuanya bisa terbang dan mendarat dengan sempurna. “Sukses, tinggal nanti menyiapkan akses jalan, sarana prasarana dan SDM-nya,” kata dia.

Atlet paralayang Jawa Timur terbang dan mendarat dengan sukses

Arifin berharap olahraga dirgantara, khususnya paralayang, bisa berkembang di Kabupaten Nganjuk. “Dapat melahirkan atlet-atlet Nganjuk,” ujarnya.

Dia menyebut pihaknya akan melaksanakan pelatihan paralayang di akhir tahun nanti, dengan harapan Nganjuk bisa mengirimkan pesertanya.

Sementara itu, Kepala Desa Losari, Mungin, mengungkapkan, suksesnya uji coba ini sangat melegakan. Pihaknya berharap dengan adanya wisata baru paralayang ke depan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desanya yang mayoritas sebagai petani.

“Kami sangat senang dan mendukung penuh. Harapan kami, wisata rintisan ini bisa berlanjut dan berkelanjutan. Semoga dengan adanya paralayang ada peningkatan pemasukan ekonomi desa,” ujarnya, sembari menyebut luas lahan yang disiapkan kurang lebih 2 hektar. (ins, aju)

baca juga :

Harlah Ke-99 NU, BI dan PWNU Jatim Sepakati Kerjasama Pengembangan Ekonomi Pesantren Jawa Timur

Redaksi Global News

Xpander Tons of Real Happiness di Surabaya Meriah

gas

Atasi Lonjakan Kasus Covid-19 di Bangkalan, Pemprov Jatim Kirim Mobil PCR Test

Titis Global News