Global-News.co.id
Kesehatan Malang Raya Utama

Vaksinasi Booster, Capaian di Kota Malang 27,29 Persen

Kota Malang mencatat capaian vaksinasi Covid-19 dosis penguat atau booster di wilayah setempat hingga kini 27,29 persen

MALANG (global-news.co.id) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Jawa Timur, mencatat capaian vaksinasi Covid-19 dosis penguat atau booster di wilayah setempat hingga kini baru 27,29 persen dari total target sasaran kurang lebih sebanyak 856 ribu jiwa.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Husnul Muarif, Kamis, mengatakan, saat ini pihaknya tengah berupaya melakukan percepatan vaksinasi penguat dan diharapkan pada akhir Ramadan bisa mencapai 30 persen dari total target.

“Target 30 persen, kita sudah berada pada 27,29 persen. Minggu ini diharapkan sudah bisa mencapai 30 persen,” kata Husnul.

Husnul menjelaskan, untuk saat ini ketersediaan vaksin penguat yang akan digunakan bagi masyarakat Kota Malang terhitung cukup untuk mencapai target 30 persen. Sebab pihaknya telah merinci permintaan dari sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) yang ada.

Menurutnya, dari data jumlah kebutuhan vaksin penguat dari fasilitas kesehatan yang ada tersebut, kemudian diajukan oleh Dinas Kesehatan Kota Malang kepada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

“Kita meminta vaksin itu sesuai dengan permintaan faskes. Jadi faskes kita kumpulkan berapa permintaannya, itu nanti kita minta ke provinsi,” ujarnya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kota Malang telah menerima tambahan pasokan vaksin sebanyak 8.000 dosis pada 6 April 2022. Vaksin tersebut langsung didistribusikan kepada sejumlah fasilitas kesehatan dan dipergunakan untuk vaksinasi warga.

“Kemarin, sekitar 8.000 dosis jenis Moderna dan AstraZeneca. Ini khusus untuk booster dan langsung kami kirimkan ke 38 faskes yang ada,” katanya.

Sebagai informasi, vaksinasi penguat dijadikan salah satu syarat bagi masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran 2022. Dengan suntikan ketiga vaksin Covid-19, maka masyarakat yang mudik tidak perlu menunjukkan hasil tes usap antigen atau PCR.

Di wilayah Kota Malang, sasaran vaksinasi secara umum tercatat sebanyak 856 ribu warga, yang untuk dosis pertama dan kedua telah melebihi target sasaran. Selain itu juga dilakukan percepatan vaksinasi untuk warga lanjut usia.

Saat ini, di wilayah Kota Malang, secara keseluruhan tercatat ada sebanyak 28.690 kasus konfirmasi positif Covid-19 dengan kasus aktif sebanyak 62 kasus. Dari total kasus konfirmasi itu, sebanyak 27.390 orang dilaporkan telah sembuh, 1.238 orang dinyatakan meninggal dunia. (ant, ala)

baca juga :

Idul Adha 1442 H, Pelindo III Salurkan 127 Sapi dan 145 Kambing Kurban ke Masyarakat 

Titis Global News

Pemkab Pamekasan Akan Berikan Perlindungan untuk Pekerja Rentan

gas

DPRD Gresik Belajar KUA-PPAS ke Pamekasan

gas