Global-News.co.id
Metro Raya Sport Utama

Test Event Jelang Piala Dunia U-20/2023, PSSI Jatim Bakal Gelar Piala Walikota

Wakil Ketua Asprov PSSI Jatim, Amir Burhanuddin didampingi Sekretaris Dyan Puspito Rini koordinasi dengan Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, membicarakan persiapan turnamen Piala Walikota

SURABAYA (global-news.co.id) – Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur (Jatim), dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, berencana menggelar turnamen sepakbola Piala Walikota Surabaya. Gelar Piala Walikota itu, sebagai salah satu test event menjelang Piala Dunia U-20/2023.

Walikota Eri Cahyadi pun menyambut antusias rencana gelaran Piala Walikota ini. Karena menjelang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2023, masyarakat Surabaya harus dipanasi dengan even-even sepakbola berkualitas.

“Setelah Trofeo ada lagi Piala Walikota, dengan mengundang tim dari Liga 1. Saya langsung setuju setelah ada paparan dari Asprov PSSI Jatim. Untuk teknis kami percayakan kepada PSSI, kami tinggal menyiapkan lapangan dan sedikit lain-lainnya saja,” kata Walikota Eri Cahyadi.

Menurut Eri, dirinya sangat mendukung even Piala Walikota karena bisa dijadikan alat uji Stadion Gelora Bung Tomo (SGBT), setelah direnovasi sebelum menjadi tuan rumah Piala Dunia.

“Piala Walikota, bisa dijadikan ujian bagaimana kesiapan Gelora Bung Tomo, baik itu soal rumput, lampu, tribun penonton dan lain-lainnya. Hal ini, setelah mengalami perbaikan sebelum menjadi tuan rumah Piala Dunia. Turnamen ini, juga bisa menjadi evaluasi bagi Persebaya yang akan menggunakan Gelora Bung Tomo sebagai homebase,” tambah Eri.

Rencananya, turnamen digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, dan diikuti empat tim musim depan yang berlaga di kompetisi Liga 1 2022/2023.

“Kami audensi dengan Bapak Walikota Eri Cahyadi perihal turnamen ini. Sebenarnya rencana ini sudah lama kami bicarakan dan Insya Allah bisa terselenggara pada Juni nanti,” kata Wakil Ketua Asprov PSSI Jatim, Amir Burhanuddin usai bertemu dengan Walikota Eri Cahyadi di Balai Kota Surabaya, Jumat (22/4) lalu.

Menurut Amir, turnamen ini akan dihelat mulai 1 hingga 11 Juni dan seluruh pertandingan akan disiarkan secara live salah satu televisi nasional.

“Pak Wali menyambut baik turnamen Piala Walikota ini sebagai rangkaian Road to World Cup 2023 nanti yang digelar di Gelora Bung Tomo,” tambah Amir.

Mengenai klub, rencananya empat klub ikut ambil bagian pada turnamen tersebut dan masih dijajaki.

“Persija, PSIS Semarang, dan Persis Solo kami jajaki ikut. Secara lisan sudah menyatakan kesiapannya, tentu saja Persebaya sebagai klub kebanggaan masyarakat Surabaya, harus tampil di kandangnya,” ujar Amir. (ins, edt)

baca juga :

Polresta Sidoarjo Gelar Nobar Wayang Orang ‘Pandowo Boyong’

Redaksi Global News

Indonesia Masters 2023: Leo/Daniel Lanjutkan Tradisi Juara Ganda Putra di Istora

Redaksi Global News

Mayapada Grup Serahkan Bantuan Rp 1,3 Miliar ke Pemkot Surabaya

Redaksi Global News