Global-News.co.id
Sport Utama

Soal Marukawa, Pelatih Persebaya Sebut Kepergiannya Hal Biasa

Sekretaris Tim Persebaya Surabaya, Ram Surahman dan Coach Aji Santoso

SURABAYA (global-news.co.id) – Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso menilai kepergian Taisei Marukawa dari timnya merupakan hal yang biasa dan tak ada yang perlu disesali.

”Tak ada yang luar biasa dari kepergian Marukawa dan bergabung ke tim lain. Tidak ada yang spektakuler dan normal kok,” ujar Aji Santoso kepada wartawan di Surabaya, Jumat (1/4).

Meski diakui sempat kaget terhadap keputusan Marukawa tidak melanjutkan kontraknya dengan tim, namun Aji Santoso tak ingin larut dan fokus menatap ke depan untuk menata tim menjadi lebih baik.

“Sedihnya 1-2 jam saja. Setelah itu semua berjalan normal. Yang pasti, kami tim pelatih dan manajemen sangat mengapresiasi serta berterima kasih kepada Marukawa selama satu musim yang luar biasa ini,” ucapnya.

Pelatih asal Malang itu menegaskan bahwa ia dan manajamen sudah mencoba mempertahankan Marukawa, bahkan sebelum kontrak berakhir beberapa waktu lalu.

Selain berkomunikasi dengan pemain, ia juga membicarakan masa depan Marukawa di Persebaya dengan sang agen.

”Saya diperintah oleh Presiden Persebaya untuk mengamankan Marukawa dan mempertahankannya. Tapi, sampai detik ini sang pemain tak mengungkap minta berapa nilai kontraknya. Sampai saya tahu di media sosial dia bermain di PSIS Semarang,” kata Aji.

Hal senada disampaikan Sekretaris Tim Persebaya Ram Surahman yang menyampaikan bahwa Marukawa adalah pemain pertama yang wajib dipertahankan musim depan.

Berbagai upaya telah dilakukan, mulai negosiasi dengan pemain dan agen, termasuk menyodorkan nilai kontrak yang jumlahnya cukup besar, namun tak ada jawaban sampai 31 Maret 2022 yang merupakan batas waktu kontrak.

“Kami beberapa kali bertemu di Bali, namun Marukawa selalu bilang masih belum memikirkannya karena fokus pada pertandingan hingga akhir musim. Kami menghormati itu dan mengapresiasinya sebagai bentuk profesionalitas,” tuturnya.

Oleh karena itu, Cak Ram, sapaan akrabnya, berharap polemik terkait Marukawa segera diakhiri dan Persebaya fokus untuk menatap musim kompetisi mendatang agar lebih baik dari tahun ini.

Taisei Marukawa adalah gelandang asing asal Jepang yang musim kompetisi 2021/2022 menyumbang 17 gol dan 10 assist, sekaligus mengantarkan Persebaya di posisi lima klasemen akhir.

Meski baru musim pertamanya di Indonesia, namun di bawah asuhan Aji Santoso yang menerapkan gaya bermain tiki-taka, membuat nama Marukawa melejit dan dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga 1.

Sehari setelah berpamitan melalui media sosial, Marukawa menjadi pemain yang diumumkan bergabung dengan PSIS Semarang bersama eks-striker Arema FC, Carlos Fortes. (ins, ant)

baca juga :

Masjid Istiqlal Tak Mampu Tampung Lautan Massa Aksi Damai 112

Redaksi Global News

Jaga Keserasian Sosial, Kemensos-MUI Perkuat Peran Da’i

Rofiq

Gus Oding, Santri Jombang Berprestasi di Jerman

Redaksi Global News