Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Semangati Penyandang Disabilitas, Pemkot Surabaya Beri Bantuan Motor Modifikasi Roda Tiga

Ketua TP PKK Kota Surabaya Rini Indriyani, memberikan bantuan motor roda tiga untuk warga disabilitas Nur Nasihin

SURABAYA (global-news.co.id) – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani, mengunjungi rumah penyandang disabilitas, yakni Nur Nasihin di Jl Banyu Urip Kidul, Kecamatan Sawahan, Selasa (12/4). Rini Indriyani tak menyangka, Nur Nasihin terpaksa kehilangan salah satu kakinya, akibat kecelakaan kerja yang menimpanya.

Dalam kesempatan tersebut, istri Walikota Surabaya Eri Cahyadi menyerahkan bantuan dari Balai Besar Surakarta melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya. Bantuan tersebut berupa sepeda motor yang telah dimodifikasi, yakni sepeda motor roda tiga.

“Bapak tetap semangat nggih, matur nuwun (terima kasih) karena telah berjuang dan menginspirasi kita semua. Berkat kesabaran bapak, Allah memberikan bantuan untuk mempermudah aktivitas sehari-hari nggih,” kata Rini.

Saat Rini Indriyani berbincang dengan Nur Nasihin, ia tak kuasa membendung air mata. Ia terharu dengan semangat lelaki paruh baya itu. Sebab, meskipun hanya bertahan dengan satu kaki, Nur Nasihin tetap berjuang untuk menghidupi keluarganya.

“Sekarang bapak bisa lebih mudah berangkat ke masjid untuk salat dan mengaji. Saya juga mohon doanya untuk warga Kota Surabaya agar terbebas dari bencana dan marabahaya nggih pak,” ujar Rini.

Sementara itu, Kepala Dinsos Kota Surabaya, Anna Fajriatin, mengatakan, kecelakaan kerja yang menimpa Nur Nasihin bermula saat ia sedang memasang antena, tiba-tiba ia tersambar petir. Akibatnya, ia terpaksa kehilangan kaki bagian kanannya, serta masih harus melakukan terapi.

“Kejadian itu pada tahun 2020. Namun, di tahun yang sama, beliau langsung mendapatkan bantuan kursi roda dan kruk. Saat ini, beliau juga terus melakukan terapi dan sudah mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS),” kata Anna.

Anna menjelaskan, penyerahan bantuan ini merupakan komitmen Walikota Eri Cahyadi dan Ketua TP PKK Rini Indriyani, yang terus berupaya memenuhi kebutuhan penyandang disabilitas di Kota Surabaya. Serta, kelurahan, RT/RW dan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) yang bergerak melakukan penjangkauan.

Pihaknya telah mengajukan bantuan tersebut sejak 2021 lalu. Hanya, terdapat banyak proses verifikasi yang harus dilalui, karena pengajuan bantuan yang cukup spesifik dan disesuaikan dengan kebutuhan penyandang disabilitas.

Nur Nasihin sempat terharu saat mendapat bantuan tersebut. Ia mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Surabaya yang telah memberikan perhatian, terhadap keadaan saat ini.

“Matur nuwun (terima kasih) Bapak Walikota Eri Cahyadi dan ibu Ketua TP PKK Rini Indriyani, semoga diberikan kesehatan dan ditambahkan rezekinya. Terima kasih banyak nggih ibu,” katanya. (pur)

baca juga :

Danamon Umumkan Kinerja Keuangan Semester I-2023, Rayakan Ulang Tahun dengan Menegaskan Kembali Komitmen “Tumbuh Bersama” Nasabah

Akibat Tanggul Jebol, Banjir Genangi Empat Desa di Gresik

Redaksi Global News

Gol Assanur Rijal Selamatkan Persiraja dari Kekalahan Atas Persela

Redaksi Global News