Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Utama

Satreskrim Polresta Amankan Pedagang HP Rekondisi Tanpa Garansi Resmi

SIDOARJO (global-news.co.id) –   Satreskrim Polresta Sidoarjo berhasil amankan pedagang HP rekondisi tanpa dilengkapi dosbook serta garansi resmi dari pabrikan dan tidak sesuai dengan persyaratan dan teknis atau tidak melengkapi label berbahasa Indonesia pada barang yang diperdagangkan.

Dalam press rilis Jumat (29/4), Kapolresta Sidoarjo, Kombes Kusumo Wahyu Bintoro menjelaskan, berawal dari adanya pengaduan masyarakat kepada Polresta Sidoarjo yang merasa dirugikan terkait dengan pembelian ponsel (HP) melalui online shop (shopee), ternyata setelah barang diterima dalam kondisi rusak.

Kemudian pada hari Rabu (27/4) Satreskrim Polresta Sidoarjo melakukan penyelidikan dan penindakan dengan melakukan penggeledahan di empat lokasi yang diduga sebagai tempat kegiatan usaha memperdagangkan HP rekondisi.

Polisi berhasil menemukan, yakni toko online Panda Store 88 dan berhasil menangkap tersangka yang selaku manajer yang berinisial Sdr. C, laki-laki, usia 22 tahun di Ruko Anggrek Regency No.  A 50 Desa Pagerwojo, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, sebagai tempat penyimpanan barang. Sedangkan pemilik toko online masih DPO yang berinisial E.

Terkait penggeledahan ini,  barang bukti yang ada antara lain, 404 HP merk Iphone dan SONY,  70 buah dosbook merk Iphone dan SONY,  3 buah CPU,  1 buah Monitor dan 1 buku catatan penjualan.

Tersangka melakukan penjualan HP rekondisi ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
Atas perbuatannya, pelaku dikenai hukuman penjara paling lama 1 tahun, sesuai Pasal 62 ayat (1) Jo Pasal 8 ayat 1huruf a dan j UU RI No. 08 Tahun 1999, Pasal 52 Jo pasal 32 ayat (1) UU No. 36 tahun 1999 dan Pasal 106 Jo Pasal 24 ayat (1) dan/atau Pasal 111 Jo Pasal 47 ayat (1) UU No. 7 tahun 2014.

“Saat ini tersangka dilakukan penahanan oleh penyidik di Rutan Polres Sidoarjo,” ujarnya.

baca juga :

Genjot Investasi, Kepala BKPM Temui Tiga Kepala Daerah Surabaya Raya

Titis Global News

Kalah Tipis dari PSIS, Persikabo 1973 Tetap Optimistis Bertahan

Gagas Rumah Sakit Kontainer, Tim Mahasiswa ITS Raih Medali Emas

Redaksi Global News