Global-News.co.id
Madura Nasional Utama

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Trunojoyo Sumenep

Presiden Joko Widodo meresmikan Bandar Udara Trunojoyo yang berada di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, seperti dipantau secara virtual melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/4). (foto: ant)

JAKARTA (global-news.co.id) – Presiden Joko Widodo meresmikan Bandar Udara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, sebagai upaya meningkatkan konektivitas bagi masyarakat Madura dan sekitar Pulau Madura.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi di Bandar Udara Trunojoyo, Sumenep, Rabu (20/4).

“Alhamdulillah Bandar Udara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Madura, telah selesai dibangun dan siap dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di Pulau Madura dan pulau-pulau lainnya di sekitar Madura,” kata Presiden Jokowi dalam peresmian Bandara Trunojoyo yang dipantau secara virtual.

Presiden menjelaskan bandara ini akan berperan penting dalam meningkatkan konektivitas, memudahkan keterhubungan dengan pulau-pulau kecil di sekitar Madura, serta membuka isolasi pulau-pulau terpencil di sekitar Pulau Madura.

Dengan beroperasinya Bandara Trunojoyo, waktu tempuh dari pulau sekitar Madura ke Surabaya bisa dipangkas menjadi hanya satu jam dengan menggunakan pesawat.

“Sebelumnya dengan kapal laut, masyarakat sekitar Madura harus menempuh perjalanan hingga berhari-hari,” kata Presiden.

Dengan meningkatnya konektivitas, kepala negara meyakini mobilitas masyarakat akan semakin mudah dan lancar. Seiring dengan itu, titik-titik perekonomian baru juga akan tumbuh.

“Usaha baru juga akan bermunculan dan kesempatan kerja baru juga akan bertambah. Di samping itu, usaha-usaha yang sekarang sudah ada juga semakin berkembang dan semakin maju,” kata Presiden.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, Bandara Trunojoyo berada di atas lahan seluas 34 hektare.

Bandara yang telah dibangun sejak tahun 1979 ini selesai dikembangkan menjadi bandara yang memiliki panjang ‘runway’ 1.600 meter dan gedung bandara seluas 3.600 meter.

Bandara Trunojoyo sebelumnya telah melayani sejumlah rute, yakni Sumenep-Surabaya, Sumenep-Bawean, Sumenep-Pagerungan dan Sumenep-Banyuwangi.

“Bandara ini berpotensi melayani ke Banjarmasin, Jakarta, dan Bali karena banyak pekerja yang ada di Kalimantan, Jakarta dan Bali,” kata Menhub Budi Karya. (ntr, mas, ins)

baca juga :

Sarasehan Cabor Baru, KONI Jatim Minta Ke-15 Cabor Berprestasi di PON XXI 2024

Redaksi Global News

Bertambah 6.120, Kasus Positif Covid-19 Tembus 629.449

Redaksi Global News

Teladani Pejuang Bangsa Prajurit Menkav 2 Marinir Ziarah Makam Pahlawan

Redaksi Global News