Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Metro Raya Nasional Utama

Presiden Joko Widodo Pastikan Penyaluran Bantuan Tepat Sasaran

Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan di Pasar Tambahrejo Surabaya, Rabu (20/4)

SURABAYA (global-news.co.id) – Walikota Surabaya Eri Cahyadi mendampingi Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, dalam rangka serangkaian kegiatan kunjungan kerja (Kunker) di Provinsi Jawa Timur. Di Kota Surabaya, Presiden Joko Widodo mengunjungi Pasar Tambah Rejo, setelah kunker dari Kabupaten Sumenep, Rabu (20/4).

Dalam kunjungan itu, turut dihadiri Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sosial RI Tri Rismaharini, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Presiden RI Joko Widodo meninjau penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng, Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada 250 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Yakni, 100 KPM PKH, 50 PKM kategori PKL, dan 100 KPM kategori pedagang.

Menurut Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Pepen Nazaruddin, kunker Presiden Joko Widodo di wilayah Provinsi Jawa Timur, salah satunya adalah Kota Surabaya untuk menyerahkan BLT Minyak Goreng masing-masing sebesar Rp 300 ribu.

“Pembayaran BLT ini dimulai pada April hingga bulan Juni. Disamping itu menyerahkan bantuan PKH tahap kedua dan bantuan sembako atau BPNT di bulan April,” kata Pepen.

Di Kota Surabaya, untuk capaian bantuan yang telah disalurkan atau telah terealisasi adalah sebesar 92 persen. Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo yang menginginkan, semua bantuan harus sudah disalurkan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Bahkan, dia memastikan, dalam dua hari ke depan seluruh bantuan akan selesai disalurkan. “Alhamdulillah untuk penyaluran bantuan Kota Surabaya secara nasional sudah sangat tinggi, yakni mencapai 92 persen, dari total jumlah penerima atau KPM di Kota Surabaya sebanyak 56.372 orang,” kata dia.

Sementara itu, salah satu KPM kategori disabilitas asal Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, Budi, mengaku bersyukur telah mendapatkan bantuan dari Presiden Joko Widodo melalui Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Ia mendapatkan bantuan BLT Minyak Goreng dan kendaraan (motor) roda tiga, untuk berdagang.

“Saya selaku pelaku UMKM bakpia berterima kasih kepada Bapak Walikota Eri Cahyadi yang telah mengusulkan bantuan kepada Kemensos. Dengan bantuan ini, saya yakin bisa mendapatkan omzet yang lebih banyak,” kata Budi. (pur)

baca juga :

Lepas Sambut Kepala Kejaksaan Negeri Magetan di Pendopo Surya Graha

Redaksi Global News

Aplikasi “WargaKu” Kota Surabaya Tumbuhkan Partisipasi Warga

Saat Bulan Ramadhan, Sampah Sisa Makanan Meningkat di Surabaya