Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Penuhi Kebutuhan Disabilitas, Pemkot Surabaya Salurkan Kaki Palsu dan Modal Usaha

TP PKK Kota Surabaya Rini Indriyani berupaya memenuhi kebutuhan penyandang disabilitas dengan bertindak cepat menyalurkan sejumlah bantuan, Senin (25/4).

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemkot Surabaya bersama Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya Rini Indriyani terus berupaya memenuhi kebutuhan penyandang disabilitas di Kota Pahlawan. Pihaknya bertindak cepat dengan menyalurkan sejumlah bantuan, Senin (25/4).

Ketua TP PKK, Rini Indriyani, beserta jajaran Dinas Sosial (Dinsos), kelurahan dan kecamatan, mengunjungi beberapa lokasi untuk menyalurkan bantuan. Pertama, memberikan bantuan berupa kaki palsu kepada penyandang disabilitas, yakni Bambang Sutrisno yang tinggal di kawasan Jl Sidoyoso Kota Surabaya.

Di lokasi kedua, Pemkot menyalurkan bantuan modal usaha kepada Dul Manan,  penyandang disabilitas yang setiap harinya berprofesi sebagai pekerja servis elektronik di kawasan Jl Tenggumung Kota Surabaya.

Ketiga, memberikan bantuan modal usaha untuk Lailiyatul yang sedang merawat anaknya yang tengah mengidap epilepsi di kawasan Jl Wonosari Wetan Kota Surabaya.

“Di lokasi pertama, kami juga baru mengetahui, salah satu penyandang disabilitas memiliki anak yang tidak sekolah, karena terindikasi sulit berbicara atau bersosialisasi. Maka kami akan memberikan pendampingan dan penguatan kepada ibu,” kata Rini.

Menurut Rini Indriyani, terdapat kesalahpahaman pada sang ibu dalam mengasuh anak. Sebab, tidak melakukan pemeriksaan untuk mengetahui kendala yang dialami anak tersebut.

“Anak itu ternyata belum pernah mencoba duduk di bangku sekolah untuk belajar bersosialisasi. Maka, kami akan membantu untuk memberikan terapi dan berharap bahwa sang ibu bisa terbuka dengan kami,” ujar dia.

Dia juga meminta kepada seluruh warga Kota Surabaya, khususnya para orangtua. Apabila, mulai menyadari ada sesuatu hal yang terjadi kepada sang anak, diharapkan bisa membuka diri. Sebab, Pemkot Surabaya terus berusaha untuk memberikan bantuan atau intervensi.

Tak hanya itu, di kawasan Wonosari Wetan Kota Surabaya terdapat satu keluarga yang semua anaknya menyandang disabilitas. Sayangnya, anak pertama telah meninggal dunia, sedangkan anak kedua tidak bisa berjalan maupun berdiri, dan anak ketiga terindikasi mengalami disabilitas intelektual.

“Tapi karena anak ketiga ini masih berusia tiga tahun, maka kita usahakan agar tidak sampai demikian. Kita akan lakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan, sehingga kita bisa tepat untuk memberikan intervensi,” ungkap dia.

Di lokasi yang sama, Pemkot juga menemukan penyandang disabilitas intelektual yang sudah berusia tujuh tahun. Rini menjelaskan, segera melakukan tindak lanjut melalui Dinsos Kota Surabaya.

“Insya Allah akan kita berikan terapi agar gerak motoriknya terlatih dengan harapan bisa belajar untuk memegang suatu benda untuk membantu melakukan aktivitas sehari-hari,” kata dia.

Ia memastikan, setelah Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijiriah, Dinsos Kota Surabaya akan bertindak cepat untuk melakukan pendampingan kepada masing-masing keluarga.

“Meski pada suasana akhir Ramadan, tapi kita masih menemukan banyak hal yang harus kita benahi dan selesaikan. Melalui bantuan ini, semoga Pemkot Surabaya bisa memberikan yang terbaik untuk warga Surabaya yang membutuhkan,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinsos Kota Surabaya, Anna Fajriatin, menerangkan, total bantuan modal usaha adalah sebesar Rp 5 juta untuk setiap penerima. Hal tersebut juga disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing penerima.

“Alhamdulillah kami menyalurkan bantuan ini dari Balai Besar Prof Dr Soeharso Surakarta. Dengan kondisi seperti ini, kami juga akan memperbaiki anggaran di Dinsos, agar jangkauan kami bisa lebih luas,” kata dia. (pur)

baca juga :

e-Tilang di Surabaya Diberlakukan Mulai 14 Januari

Redaksi Global News

Wujudkan Ikon Kota Pasuruan, Bank Jatim Bantu Pembangunan Landmark Simpang 4

Redaksi Global News

Liga Inggris: Leeds United Gilas Chelsea Tiga Gol Tanpa Balas

Redaksi Global News