Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Metro Raya Utama

Pemkot Surabaya Mulai Relokasi Stan Pedagang Hitech Mall

Pemkot Surabaya membangkitkan kembali Hitech Mall Surabaya

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemkot Surabaya menghidupkan kembali Hitech Mall Surabaya. Langkah awal yang dilakukan Pemkot adalah merelokasi stan para pedagang, Selasa (5/4).

Proses relokasi itu pun diawali dengan pengundian stan yang dilakukan oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Surabaya dengan didampingi oleh pihak kejaksaan, dan disaksikan oleh sejumlah anggota DPRD Surabaya dari Komisi B.

“Jadi, hari ini kita melakukan pengundian stan untuk pedagang Hitech Mall, karena mereka sudah sepakat untuk direlokasi ke lantai dasar semuanya, sehingga para pedagang ini nanti akan tersentral di lantai dasar, tidak lagi berpisah-pisah, apalagi di lantai dasar banyak yang kosong,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Surabaya, Ira Tursilowati di sela-sela memimpin pengundian.

Menurut Ira, di lantai dasar itu terdiri dari 171 stan, dan yang sudah eksisting ada 118 stan, sehingga yang direlokasi ada sekitar 53 stan. Mereka langsung dipersilahkan berpindah sesuai dengan nomor undian yang sudah didapatkan.

“Perpindahan itu bisa dimulai hari ini juga, terutama bagi pedagang yang sudah menerima undian nomor stan,” tegasnya.

Ira menegaskan relokasi ini atas permohonan dari para pedagang, karena memang banyak stan yang masih buka terpencar-pencar. Selain itu, relokasi ini juga untuk mensentralkan para pedagang di satu lantai, sehingga bisa lebih mudah pemeliharaan gedung.

“Yang paling penting ini juga untuk efisiensi. Sebab, beban listrik kita sangat besar. Bahkan, kami sudah memohon kepada PLN untuk diberikan keringanan, dan alhamdulillah disetujui, sehingga bisa efisiensi,” katanya.

Ketika para pedagang ini sudah pindah, maka secara paralel Pemkot Surabaya akan melakukan renovasi di lantai 2 dan 3 dan sejumlah bangunan lainnya. Bahkan, berbagai fasilitas gedung akan dilengkapi.

Sementara itu, Hartono, salah satu pedagang Hitech Mall yang ikut dalam acara itu mengaku sangat bersyukur dan senang karena ini adalah penantian panjang yang tak kunjung terealisasikan. Menurutnya, ini adalah langkah maju dan momentum untuk maju bersama.

Ia memastikan sangat mendukung langkah Pemkot dalam merelokasi stan para pedagang ke lantai dasar. Sebab, dengan cara ini para pedagang yang masih buka bisa berkumpul di satu lantai, tidak berpisah lagi.

“Apalagi katanya nanti akan ada renovasi fasilitas di gedung ini, bahkan kalau bisa ATM dan infrastruktur lainnya juga diperbaiki semuanya, supaya kita lebih nyaman berada di sini,” kata dia.

Oleh karena itu, Hartono pun menyampaikan terimakasih banyak kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan jajaran pemkot yang mulai membenahi Hitech Mall. Ia mengaku sudah bertahun-tahun berada di situasi sulit, makanya dia juga berharap kepada Wali Kota Eri untuk bersabar menghadapi para pedagang Hitech Mall.

“Terimakasih Pak Eri, dengan ketidakmampuan kami, tapi masih diizinkan di tempat ini (Hitech Mall). Kami berharap Pak Eri terus mengawal Hitech Mall ini supaya ke depannya bisa semakin ramai seperti dulu. Semoga cita-cita ini bisa terwujud,” kata Hartono sambil terisak. (pur)

baca juga :

Proliga 2022, Pertamina Bayangi Samator di Puncak Klasemen

Redaksi Global News

Kans Diego ke Borneo FC, Pintu Terbuka untuk Mantan

Redaksi Global News

Jengkel Kapal Tiongkok Buang Jasad ABK WNI ke Laut, Eks Menteri Susi Bilang Tenggelamkan