Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Patroli Pengawasan Ramadan, Pemkot Surabaya Beri Edukasi pada Remaja

Satpol-PP Kota Surabaya giat melakukan patroli pengawasan di malam hingga dini hari

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemkot Surabaya melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya bersama TNI-Polri dan tokoh masyarakat, terus menggelar patroli pengawasan selama bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijiriah.

Kepala Satpol PP Kota Surabaya, Eddy Christijanto, mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan setelah salat tarawih hingga pukul 04.00 WIB. Hal ini dilakukan untuk melakukan antisipasi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. “Seperti balap liar, tawuran, bermain petasan, atau tindakan kriminal yang lainnya,” kata Eddy, Minggu (17/4).

Berdasarkan hasil evaluasi selama dua pekan pelaksanaan ibadah bulan Ramadan, pihaknya masih menemukan anak-anak remaja yang beraktivitas pada malam hari. “Rata-rata mereka mengaku sedang menunggu jam 03.00 WIB untuk melakukan ronda sahur,” ungkap dia.

Hanya saja, anak-anak remaja tersebut melakukan kegiatan yang terindikasi dapat menimbulkan gesekan atau gejolak sosial. Sebab, kegiatan dilakukan pada malam hari. “Setiap malam kami juga sering mendapat laporan indikasi tawuran. Tapi saat kami datang ke lokasi, kegiatan itu tidak ada,” ujarnya.

Oleh karena itu, Satpol PP Kota Surabaya bersama kecamatan dan TNI-Polri terus melakukan patroli pengawasan. Bahkan, pihaknya telah memetakan lokasi atau titik rawan yang memiliki kemungkinan menimbulkan tawuran antar remaja atau gejolak sosial.

“Ada sekitar 35 titik rawan di Kota Surabaya dan sudah kami bagikan kepada 31 kecamatan. Salah satunya ada di Surabaya Utara, di wilayah Kenjeran, Semampir, Bulak Banteng, Krembangan, dan Pabean Cantikan,” kata dia.

Pemetaan tersebut, membuat pihaknya tidak boleh lengah saat melakukan patroli pengawasan. Karena, kemunculan para remaja yang melakukan aktivitas pada malam hari, dimulai pada pukul 02.00 WIB.

“Sistem pengamanan kita bersayap dan berlapis. Setelah disisir oleh kecamatan dan TNI-Polri, secara bergantian juga akan kami lakukan,” kata dia.

Meski demikian, petugas patroli pengawasan tetap melakukan pendekatan secara humanis untuk memberikan edukasi kepada para remaja. “Namun, juga ada yang kami amankan dan kita panggil orangtuanya untuk membuat surat pernyataan,” tambahnya.

Tak hanya itu saja, ia mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya untuk mengadakan kegiatan di sekolah saat bulan Ramadan. Contohnya, Pondok Ramadan atau kegiatan yang menyibukkan pelajar.

“Sehingga pada malam hari, mereka lebih fokus melakukan persiapan untuk kegiatan besok pagi. Jadi meminimalisir para remaja berkegiatan di luar rumah pada malam hari,” katanya. (pur)

baca juga :

SIG Bangun Fasilitas Sekolah di Pasuruan dan Bogor

Redaksi Global News

Tegaskan Internal Solid, PDIP Tak Mau Usung Calon Sembarangan di Pilkada Surabaya

Redaksi Global News

Liga 1, Bhayangkara FC Gilas Madura United 3-2

Redaksi Global News