Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Metro Raya Utama

Pasar Gotong Royong Ramadan, Pemkot Surabaya Gandeng Produsen

Pemkot Surabaya berkolaborasi dengan produsen dan distributor menggelar Pasar Gotong Royong Ramadan di Gelanggang Remaja

SURABAYA (global-news.co.id)) – Pemerintah Kota Surabaya berkolaborasi dengan produsen dan distributor menggelar Pasar Gotong Royong Ramadan di Gelanggang Remaja, Kecamatan Tambaksari, 8–9 April 2022.

“Pasar Gotong Royong Ramadan ini bertujuan mempermudah akses warga mendapatkan kebutuhan bahan pokok. Sekaligus pula agar warga mendapatkan bahan pokok dengan harga yang lebih ekonomis,” kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya, Fauzie Mustaqiem Yos, saat membuka Pasar Gotong Royong Ramadhan di Gelanggang Remaja, Surabaya, Jumat (8/4).

Menurut dia, pada skala yang lebih luas, Pasar Gotong Royong akan dapat menekan dampak fluktuasi harga dari kelangkaan komoditas bahan pohon yang saat ini memang dirasakan oleh masyarakat.

Selain itu, Yos menyebut melalui Pasar Gotong Royong ini juga diharapkan dapat memaksimalkan peran pelaku UMKM dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi di Surabaya.

“Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan kepada pelaku UMKM berupa display produk dengan tujuan memperkenalkan produk-produk UMKM,” katanya.

Yos mengatakan Pasar Gotong Royong di Kecamatan Tambaksari merupakan gelaran pertama pada bulan Ramadhan 2022. Untuk selanjutnya, kegiatan akan berlanjut di Kecamatan Karangpilang, Benowo, dan terakhir Kenjeran.

Kegiatan ini, lanjut dia, sebenarnya berlangsung rutin setiap tahun di bulan Ramadhan. Namun, karena dalam dua tahun ada pandemi Covid-19 maka selama itu vakum dan baru kembali dilaksanakan sekarang.

“Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat bisa terpenuhi kebutuhan bahan pokoknya. Termasuk juga untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan dengan melibatkan teman-teman pelaku UMKM,” ujar dia.

Camat Tambaksari, Laksita Rini Sevriani, menyampaikan ada sebanyak 44 pelaku UMKM di wilayahnya yang terlibat dalam Pasar Gotong Royong Ramadan 2022.

“Satu di antara pelaku UMKM yang terlibat itu disabilitas. Sedangkan lainnya dari komoditas yang bekerja sama dengan Dinas Koperasi (Dinkopdag),” kata Rini.

Rini menyebut pelaku UMKM yang terlibat dalam gelaran ini tak hanya berupa produk makanan dan minuman siap saji. Ada pula aksesoris, pakaian hingga berbagai macam kue untuk kebutuhan Lebaran. “Produk makanan-minuman yang paling banyak, begitu juga dengan kue-kue lebaran,” kata dia.

Ia berharap, dengan adanya Pasar Gotong Royong ini dapat memudahkan warga Kecamatan Tambaksari mendapatkan kebutuhan bahan pokok. Begitu juga para pelaku UMKM bisa memasarkan dan memamerkan hasil produk-produknya. (pur)

baca juga :

Cukai Rokok Naik Diklaim Bikin Jumlah Perokok Anak Turun

Redaksi Global News

GLOBAL NEWS Edisi 303 (1-7 Juli 2021)

Madura United Benamkan Persiraja di Dasar Klasemen

Redaksi Global News