Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Jurnalis dan Sastrawati Sirikit Syah Meninggal Dunia

SURABAYA (global-news.co.id) – Innalillahi wa innailaihi rajiun. Sirikit Syah atau Hernani Sirikit, seorang jurnalis, sastrawati, pengajar, dan pengamat media, berpulang ke Rahmatullah setelah bertahun-tahun berjuang melawan kanker, di Rumah Sakit Haji, Surabaya pada Selasa (26/4/2022) pukul 06.30 WIB.
Jenazah Sirikit  dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Keputih, Sukolilo, pada pukul 12.00 WIB dari rumah duka di Rungkut Asri Timur Surabaya.
Khoirul Anam, suami almarhumah, seperti dikutip dari suarasurabaya.net, mengatakan sebelum meninggal, Sirikit telah dirawat di rumah sakit selama sembilan hari.
Sirikit Syah lahir di Surabaya, Jawa Timur, tahun 1960. Namanya dikenal melalui karya-karya sastranya berupa esai, puisi, dan cerita pendek yang dipublikasikan di sejumlah media massa. Dia juga seorang jurnalis baik media cetak maupun televisi. Sirikit pernah menjadi wartawan di Harian Sore Surabaya Post.
Sirikit Syah adalah alumni IKIP Negeri Surabaya atau sekarang Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Dia mendirikan Sirikit School of Writing (SSW), pernah menjadi akademisi di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya (STIKOSA – AWS), dan sejak tahun 2021 mengajar di Universitas Dinamika Surabaya.
Pada Januari 2001, Radio Suara Surabaya menganugerahi Sirikit penghargaan salah satu dari Tiga Warga Surabaya Teladan. Aktivitasnya mendidik rakyat perihal freedom of the press, yang sangat penting dalam era demokrasi di Indonesia. Penghargaan ini didasarkan pada popularitas acara talk show interaktif mengenai media massa dan jurnalisme yang diasuh sejak 1999 (jumlah pendengar yang menelepon dan berinteraksi) serta penilaian juri atas isi program.(nas)

baca juga :

Rekor Maut di AS, Corona Renggut 1.480 Nyawa dalam 24 Jam

Redaksi Global News

Peringati Harkitnas dengan Tumbuhkan Gotong Royong

nasir nasir

Besok Buruh Jatim Ngeluruk Surabaya

Redaksi Global News