Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Utama

Jelang Ramadan, Gubernur Jatim dan Bupati Sidoarjo Pastikan Sembako di Sidoarjo Aman

SIDOARJO (global-news.co.id) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Sidoarjo melakukan Sidak pasar, di Pasar Larangan, Sabtu (2/4). Sidak ini untuk memastikan harga bahan kebutuhan pokok (Sembako) masih aman menjelang bulan suci Ramadan 1443 Hijriyah.

Dalam sidak kali ini Gubernur Khofifah dan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor,  berkeliling pasar menyapa dan berdialog dengan para pedagang. Rata – rata pedagang kebutuhan barang pokok menyampaikan keluhan stok minyak goreng yang sangat terbatas di  pasaran.

Selain bahan pokok, Khofifah juga mengunjungi stan daging sapi dan daging ayam. Menurut laporan, harga daging dan ayam mengalami kenaikan menjelang bulan Ramadan.

Dari hasil sidak Khofifah mengungkapkan, logistik bahan pangan di Pasar Larangan Sidoarjo untuk harga dan suplai semua aman, stabil kecuali minyak goreng terutama, minyak goreng curah. Ada yang dua minggu, bahkan satu bulan tidak mendapat suplai minyak goreng curah.

“Minyak goreng Ini masih menjadi  persoalan nasional yang mudah-mudahan bisa disuplai lebih cepat lebih merata. Mudah-mudahan memasuki bulan Ramadan ini mendapat suplai yang proporsional sesuai dengan kebutuhan minyak goreng di Jawa Timur 59 ribu ton,” katanya.

Kondisi yang ditemukan di lapangan minyak goreng curah suplainya kurang. Sementara minyak goreng dengan kemasan premium relatif harganya cukup mahal.

“Pedagang beli minyak gorengnya saja ada yang Rp 25.000 per liter, dan pasti mereka menjual ada margin dari yang mereka beli, persoalan minyak goreng masih menjadi pekerjaan rumah kita,” jelasnya.

“Kalau untuk daging sapi suplai dan harganya stabil, daging ayam yang sedikit di atas Harga Eceran Tertinggi (HET). Kemarin masih dalam standar HET, tapi hari ini ada kenaikan Rp 3.000 per kilo dari HET,” sambungnya.

Lebih lanjut untuk harga telur ayam di bawah HET sedikit Rp 23.000 per kilo. Bawang merah hari ini stabil cenderung sedikit mengalami penurunan harga, cabe, beras, dan gula suplai dan harganya normal.

Khofifah menegaskan kembali untuk semua bahan kebutuhan pokok, daging sapi daging ayam di Sidoarjo masih normal, hanya saat ini  membutuhkan percepatan suplai adalah minyak goreng curah. (win)

baca juga :

Kesehatan Gigi Anak Perlu Perhatian Lebih

Redaksi Global News

Setnov Menghilang, JK: Pemimpin Harus Taat Hukum Bukan Lari

nasir nasir

Spekulasi Pasar Sedangdang Dibakar, Dandim Minta Jangan Dipercaya

Redaksi Global News