Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Jember Raya Nasional Utama

Erupsi Semeru, PLN Gelontor Rp5 Miliar Bangun Jaringan Listrik di Hunian Penyintas

Pekerja PLN melakukan pemasangan jaringan listrik di hunian sementara korban erupsi Gunung Semeru di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

SURABAYA (global-news.co.id) – PT PLN (Persero) menggelontorkan dana Rp5 miliar lebih untuk pembangunan jaringan listrik di hunian sementara (Huntara) korban erupsi Gunung Semeru di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jatim.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Lasiran, Senin (18/4), mengatakan rincian dana itu adalah senilai Rp4,8 miliar untuk pembangunan jaringan listrik, sementara Rp276,87 juta untuk sambungan listrik ke 250 rumah pelanggan.

Pembangunan jaringan kelistrikan itu untuk memasok 2.000 pelanggan di lokasi hunian sementara korban bencana erupsi Gunung Semeru.

“Kami terus berkoordinasi dengan Pemkab Lumajang terkait pembangunan jaringan kelistrikan agar nantinya saat hunian sementara telah selesai digarap, sambungan listrik dapat segera dialirkan,” katanya.

Saat ini telah selesai pengerjaan pembangunan jaringan tahap pertama sepanjang 2,048 kMs dan telah tersambung ke 250 hunian sementara.

Pembangunan total jaringan listrik ini disuplai Penyulang Pronojiwo yang membutuhkan penambahan 79 tiang tegangan menengah, 133 tiang tegangan rendah, 3.158 kMs jaringan SUTM, 6,447 kMs jaringan SUTR, dan 7 unit gardu distribusi untuk memasok sebanyak 2.000 hunian sementara.

PLN juga telah menawarkan kepada Pemkab Lumajang untuk menggunakan material Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) sebagai material pendukung pembangunan infrastruktur hunian sementara untuk relokasi pengungsi korban erupsi Gunung Semeru.

Material ini kemudian bisa diolah menjadi campuran pendukung produk bata ringan, batako, paving, beton jalan, beton konstruksi, spesi/luluhan untuk lantai rabatan dan pondasi hunian sementara oleh pihak Pemkab Lumajang jika dirasa dibutuhkan. (tis, ins)

baca juga :

Kolaborasi BNI-Garuda-Lion, Tekan Harga Tiket Pesawat

Redaksi Global News

Kericuhan Terjadi Setelah Arema FC Ditaklukkan Persebaya

Redaksi Global News

Jambu Citra Arum Desa Sumberarum, Prospek Wisata Agro Bojonegoro

Redaksi Global News