Global-News.co.id
Jember Raya Nasional Utama

Erupsi Semeru, 1.656 Huntap dan 562 Huntara bagi Penyintas Rampung

Bupati Lumajang Thoriqul Haq  menyampaikan, progress pembangunan huntara dan huntap 

LUMAJANG (global-news.co.id) –
Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) menyampaikan, hingga saat ini progress pembangunan hunian sementara (huntara) telah mencapai 562 unit. Sedangkan, untuk hunian tetap (huntap) telah terselesaikan sebanyak 1.656 unit, dari target pembangunan 1.951 unit.

“Bangunan Huntap saat ini sudah dibangun sekitar 1.656 unit dari target 1.951 unit yang akan dibangun, dan untuk Huntara saat ini sudah dibangun sejumlah 178 unit sedangkan 155 unit sudah jadi satu dengan Huntap,” ujar dia saat saat mendampingi Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto meninjau area relokasi di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (31/3).

Cak Thoriq juga menyampaikan, komitmennya, awal Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri tahun ini, untuk warga sejumlah 478 KK yang saat ini masih tinggal di pengungsian sudah bisa menempati hunian baru di tempat relokasi Desa Sumbermujur.

“Terima kasih, untuk NGO (Non-Governmental Organization, red) seperti NU, Muhamadiyah, Banser dan banyak lainnya yang terlibat membantu pembangunan huntara. Namun, untuk pembangunan Huntara tidak bisa disamakan dengan Huntap yang dibangun oleh BUMN seperti, Brantas dan Hutama Karya, dikarenakan keterbatasan anggaran dan pengalaman dalam membangun hunian,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Kepala BNPB memberikan apresiasi atas progress pencapaian pembangunan hunian sementara, maupun hunian tetap bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru. (kmf, lmj)

baca juga :

Dunia Berduka Atas Kepergian Maradona

Redaksi Global News

Siapa Calon Pendamping Khofifah? Mampukah Menghadang Gus Ipul-Anas

nasir nasir

LPPNU Minta Pemerintah Perbanyak Cluster Olah Porang di Jatim

gas