Global-News.co.id
Metro Raya Politik Utama

Dewan Minta Pemkot Surabaya Tertibkan Bangunan di Atas Brandgang

Wakil Walikota Surabaya Armuji saat inspeksi ke lokasi bangunan liar yang berdiri di atas brandgang di Jl Gembong Sawah Gang Tembusan, Kapasan, Kota Surabaya, Selasa (12/4).

SURABAYA (global-news.co.id) – Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Kota Surabaya meminta seluruh bangunan liar yang berdiri di atas brandgang berupa gang, jalan setapak maupun lahan kosong milik pemerintah kota setempat ditertibkan.

Ketua Komisi C DPRD Surabaya, Baktiono, Rabu (13/4), mengatakan, tidak hanya bangunan liar milik PT Betjik Djojo berdiri di atas brandgang di Jl Gembong Sawah Gang Tembusan, Kapasan, yang ditertibkan, melainkan juga seluruh bangunan liar lainnya di Surabaya.

“Semua harus ditertibkan supaya fungsi jalan dapat kembali seperti semula,” ujar Baktiono.

Baktiono menjelaskan Komisi C bersama Wakil Walikota Surabaya, Armuji, serta jajaran Pemkot Surabaya sebelumnya telah melakukan inspeksi menindaklanjuti aduan warga terkait bangunan yang berdiri di atas brandgang milik PT Betjik Djojo, Selasa (12/4).

Menurut dia, brandgang sepanjang 75 meter di kawasan tersebut sempat disewakan Pemerintah Kota Surabaya kepada PT Betjik Djojo. Namun, sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2010, kini brandgang sudah tidak dapat disewakan.

Wakil Walikota Surabaya, Armuji, telah meminta jajaran Pemkot Surabaya dalam hal ini Satpol PP untuk menertibkan berdasarkan hasil resume rapat bersama dengan Komisi C DPRD Surabaya.

Sementara itu, Direktur PT Betjik Djojo, M. Nasaruddin Ismail, mengaku setuju dengan pembongkaran tersebut. Bahkan, pihaknya telah mengajukan untuk membongkar secara mandiri.

“Kami sangat patuh dengan aturan dari Pemkot Surabaya. Dulu saat kami menyewa juga tertib dan tidak ada masalah. Kalau memang tidak dibolehkan lagi, maka akan kami bongkar bangunan yang masih tersisa,” kata dia.

Sejatinya, Nasaruddin mengaku warga sekitar sangat terbantu dengan adanya bangunan di brandgang tersebut karena kawasan itu tidak terlihat lebih kumuh dan jauh lebih aman.

“Jadi, sejak kami sewa dan kami dirikan bangunan di atasnya banyak memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, khususnya yang tinggal di dekat brandgang,” ujar dia. (pur)

 

baca juga :

Daerah Diminta Selektif Alih Fungsi Lahan Produktif untuk Tekan Kekeringan

Redaksi Global News

Harus Tetap Jaga Semangat, Pluim Puji Performa Azka Fauzi

Redaksi Global News

Harumkan Almamater, Unira Beri Penghargaan Wisudawan Berprestasi

gas