Global-News.co.id
Pendidikan Utama

Bersaing se-Indonesia, 16 Mahasiswa UK Petra Lolos Program MSIB Kampus Merdeka 2022

Sebanyak 16 mahasiswa UK Petra yang lolos dalam MSIB 2022 batch 2.

SURABAYA (global-news.co.id) – Sebanyak 16 mahasiswa UK Petra berhasil lolos Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) batch 2 tahun 2022 yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

“Sebuah berita bahagia dan sangat bersyukur. Berdasarkan data, ke-16 mahasiswa UK Petra itu bersaing dengan kurang lebih 25.672 mahasiswa dari 646 perguruan tinggi lainnya yang ada di Indonesia baik negeri maupun swasta,” ungkap Kepala Petra Career Center UK Petra yang menangani MSIB Jessie Monika SS, Selasa (5/4).

Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa UK Petra mampu bersaing dengan mahasiswa dari universitas lainnya. Terdapat dua kategori dalam program MSIB, yaitu Magang Bersertifikat dan Studi Independen Bersertifikat.
Magang Bersertifikat merupakan bagian dari salah satu pelatihan kerja yang dipercepat sesuai dengan pengalaman belajar yang dirancang dengan baik, sedangkan Studi Independen Bersertifikat merupakan pembelajaran yang dirancang khusus sesuai dengan tantangan nyata dengan praktik berupa kursus singkat, bootcamp, dan lain-lain.

Selama program berlangsung, mahasiswa tidak hanya mendapatkan hard skills saja akan tetapi soft skills juga. Ke-16 mahasiswa UK Petra tersebut berasal dari program/program studi yang ada di UK Petra. Di antaranya Sastra Inggris, Manajemen, Teknik Industri dan Informatika.
Program MSIB ini tidak hanya dilakukan di industri saja akan tetapi juga beberapa lembaga bahkan kementerian-kementerian. Sehingga para mahasiswa mempunyai kesempatan yang luas mengikuti passion dalam menyiapkan diri memasuki dunia profesi dengan beragam profesi.

Jessie yang menjadi PIC MSIB di UK Petra itu menjelaskan bahwa keuntungannya sangat banyak jika mahasiswa bisa lolos salah satu metode pembelajaran dalam kebijakan Kampus Merdeka itu. “Selain bersertifikat, program yang berjalan selama lima bulan ini dapat dikonversi menjadi 20 SKS. Saya mendapatkan cerita dari pengalaman peserta MSIB batch 1 lalu, serunya bisa mengenal mahasiswa dari universitas lain, kerja bareng sekaligus mendapatkan koneksi langsung dengan perusahaan,” katanya.

Sementara itu Angela Maria (Magang Bersertifikat) berhasil magang di PT Ruang Raya Indonesia atau akrab di kenal dengan Ruangguru. Angela bertugas sebagai copywriter sejak 14 Februari-14 Juli 2022.  “Senang dan bersyukur banget. Dari puluhan ribu pendaftar lainnya, saya bisa terpilih jadi anak magang di Ruangguru. Banyak sekali pengalaman dan skill berharga yang saya dapatkan dari mentor,” urai Angela.

Meski secara daring, Angela tetap diwajibkan bekerja layaknya orang kantoran yaitu mulai Senin hingga Jumat mulai pukul 09.00-17.30. Mahasiswi prodi asal Marketing Managemen UK Petra ini tugasnya menyediakan segala tulisan promosi sekaligus menggerakkan minat audiens untuk berlangganan Ruangguru.

“Yang jelas sangat berbeda nuansanya, lebih banyak praktik saat magang. Kami diberikan real project lalu bekerjasama dengan pihak-pihak eksternal yang profesional dan masih banyak lagi lainnya,” tutup Angela.

Hal yang sama juga diungkap Rivaldo Kwanandar (Studi Independen Bersertifikat). “Sangat senang bisa mendapat kesempatan dari pemerintah Indonesia,” urai Rivaldo saat ditanya perasaannya diterima program MSIB melalui pesan WA.

Mahasiswa prodi Informatika UK Petra semester enam itu menjalani Studi Independen Bersertifikat di Balitbang SDM Kementerian Kominfo sejak 1 Februari 2022 lalu. Secara daring, ia diberikan project secara riil seperti membuat visualisasi jaringan dan Virtual Machine.

Rivaldo merinci ia melakukan pendaftaran melalui website Kampus Merdeka. “Saya tak menyia-nyiakan kesempatan maka saya langsung mendaftar yang sesuai dengan bidang yang saya senangi,” tutup Rivaldo. (tis)

baca juga :

Pesta Tahun Baru di Klub Mewah Sendiri, Trump Dituding KKN

Redaksi Global News

Shalat Tarawih Perdana Ramadhan, Ribuan Jamaah Padati Masjid Cheng Hoo dan MAS

Redaksi Global News

Upaya Kudeta di Turki, Puluhan WNI Terjebak di Bandara Attaturk