Global-News.co.id
Mataraman Nasional Utama

Antisipasi Macet Mudik Lebaran, Dishub Nganjuk Buat Skenario Jalan Alternatif

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Nganjuk menyiapkan sejumlah skenario lalu lintas untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di wilayah kabupaten setempat

NGANJUK (global-news.co.id) – Menjelang mudik Lebaran 2022, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Nganjuk menyiapkan sejumlah skenario lalu lintas untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di wilayah kabupaten setempat, misalnya di Simpang Empat Kertosono.

Perlu diketahui, Simpang Empat Kertosono merupakan satu dari tiga lokasi yang diprediksi menjadi titik macet di wilayah Kabupaten Nganjuk. Apalagi diprediksi tahun ini bakal ada lonjakan jumlah pemudik yang melintas di jalan tersebut.

Sekretaris Dishub Kabupaten Nganjuk, Drs Sujito, MM, mengatakan khusus untuk Simpang Empat Kertosono pihaknya memberikan perhatian lebih. Sebab, persis di timur Simpang Empat Kertosono atau tepatnya di timur Sungai Brantas, terdapat Simpang Tiga Mengkreng di Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri.

Simpang Tiga Mengkreng merupakan salah satu titik rawan macet saat arus mudik dan balik Lebaran, hal inilah yang menjadi atensi khusus stakeholder terkait. “Titik macet di Kertosono, Mengkreng ini, sudah jadi pantauan nasional,” tutur Sujito, Jumat (22/4).

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dishub Provinsi Jawa Timur bersama Dishub Kabupaten/Kota lainnya untuk mengatasi potensi kemacetan di Simpang Kertosono-Mengkreng.

“Kemarin kita sudah rapat dengan Dishub Provinsi. Jadi kita sudah menyampaikan beberapa kesiapan kita, di antaranya yakni bekerjasama dengan stakeholder terkait yang dikoordinasikan oleh Dishub Provinsi,” sebutnya.

Selain di titik Simpang Empat Kertosono, titik macet berikutnya yang menjadi perhatian Dishub Nganjuk ada di Jl Raya Surabaya-Madiun, tepatnya di Dusun Awar-awar, Desa Mancon, Kecamatan Wilangan dan di pusat Kota Nganjuk.

Menurut Sujito, untuk mengurai kemacetan pada arus mudik, pihaknya juga berkoordinasi dengan sejumlah dinas terakit, misalnya bekerjasama dengan Dishub Madiun untuk mengatur volume kendaraan dari arah barat atau dari Kabupaten Madiun yang akan melintas di wilayah Nganjuk.

“Jadi kalau perjalanan di Nganjuk itu hanya lewat saja, itu kita sudah koordinasi dengan Dishub Madiun, jadi dari Madiun kita arahkan untuk naik tol saja. Kalau dia hanya lewat, kita arahkan naik tol,” ujarnya.

Guna mengantisipasi euforia mudik tahun ini, Sujito menyebut, Dishub Kabupaten Nganjuk telah menyiapkan jalur alternatif untuk mengantisipasi kemacetan salah satunya di Kertosono-Mengkreng.

Jika terjadi kemacetan di Simpang Empat Kertosono, lanjut Sujito, maka pihaknya akan mengalihkan kendaraan dengan tujuan Surabaya ke jalur Patianrowo-Lengkong-Jatikalen-Jombang.

Sementara kendaraan menuju Kediri bisa diarahkan ke jalur Ngronggot-Prambon-Kediri. “Kemudian agak ke barat kalau mau ke Kediri bisa (lewat) jalur Jogomerto, Tanjunganom, dan ke selatan. Itu beberapa alternatif kalau terjadi kemacetan,” kata dia. (ngk, kom)

baca juga :

Mama Papua Barat Ikuti Pelatihan Keterampilan di Surabaya

nasir nasir

Widodo Ungkap Peran Taylon Kacaukan Konsentrasi Lawan

Redaksi Global News

Striker Asing Madura United Kurang Memenuhi Ekspektasi, RD Beri Penjelasan

Redaksi Global News