Global-News.co.id
Sport Utama

Proliga 2022, Bandung bjb Sabet Juara Usai Libas Gresik Petrokimia

Tim bola voli putri Bandung bjb Tandamata merebut gelar juara PLN Mobile Proliga 2022

JAKARTA (global-news.co.id) – Tim bola voli putri Bandung bjb Tandamata merebut gelar juara PLN Mobile Proliga 2022. Hasil itu diraih setelah pada grand final mengalahkan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia.

Berlaga di GOR Kawah Candradimuka Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/3), tim asuhan Alim Suseno menang dengan skor 3-1 (25-17, 25-19, 22-25, 25-18).

Kemenangan pada partai final Proliga 2022 membuat tim asal Kota Kembang itu sempurna seusai menjadi yang terbaik pada babak final four.

Pada laga ini, Bandung bjb Tandamata mengambil inisiatif penyerangan sejak awal laga dengan menurunkan pemain inti seperti Nicoleta Perovic, Madeline Jazmin Guillen, Nandita Ayu Salsabilla, Shella Bernadetha Onnan, Wilda Siti Nurfadhilah Sugandi dan libero, Yulis Indahyani.

Sejak awal laga, tim milik BUMD Jawa Barat itu tampil taktis dengan menerapkan strategi menyerang melalui servis. Terbukti pada laga ini, barisan pertahanan Gresik Petrokimia yang buruk pengembalian bola dari servis dan tidak mampu menghadang serangan Wilda Siti Nurfadhilah dan kawan-kawan.

Strategi itu ampuh karena Bandung bjb Tandamata mampu mencetak banyak poin melalui servis dari 96 kali percobaan.

Alim Suseno mengakui hal tersebut menjadi satu senjata andalan pada final Proliga 2022 saat menghadapi Gresik Petrokimia.

“Kami menerapkan strategi menyerang dari servis, kami melihat tim lawan banyak tidak siap. Terbukti cukup berhasil di laga ini,” kata pria yang terpilih sebagai pelatih terbaik Proliga musim ini.

Pada partai final sejatinya menjadi pertemuan guru melawan murid antara Ayub Hidayat melawan Alim Suseno.

Pelatih yang juga menangani tim TNI AU itu tetap menjunjung seniornya yang cukup memberikan perlawanan selama Proliga 2022.

Terbukti pada dua laga babak reguler, Bandung bjb kalah dua kali sebelum dibalas pada babak final four dan partai final.

“Saya tetap respek kepada Ayub Hidayat. Dia merupakan senior dan saya juga tidak mau kalah di laga ini dengan ingin membuktikan menjadi juara,” kata Alim.

Sementara itu, Ayub Hidayat sangat menyayangkan anak asuhannya kurang fokus pada pengembalian bola pertama.

Pelatih senior itu melihat kelemahan timnya pada laga itu sangat besar sehingga lawan terlalu mudah mengeksploitasi hal tersebut.

“Passing bola pertama kami kurang baik, para pemain seperti kehilangan fokus dan lawan bisa mencari peluang melalui hal itu,” ujar Ayub.

Dengan kemenangan ini, Bandung bjb Tandamata tercatat meraih gelar ketiga setelah sebelumnya pada tahun 2003 dengan nama Bank Jabar dan 2006 Bandung Artdeco Bank Jabar.

Adapun dengan kekalahan ini, Gresik Petrokimia harus puas lima kali menjadi runner-up dari edisi masuk partai pemungkas.

Selain memberikan seremoni gelar juara kepada Bandung bjb Tandamata, Proliga 2022 memberikan apresiasi kepada para pemain yang telah bermain apik sepanjang musim.

Tercatat Bandung bjb membawa pulang lima gelar nominasi pemain, masing-masing Yulis Indahyani (best libero), Alim Suseno (best coach), Madeline Jazmin Guillen (topskor), dan Nandita Ayu Salsabila (MVP).

Dua gelar sisa diraih oleh Megawati Hangestri (Jakarta Pertamina Fastron) sebagai best server serta setter asal Thailand dari tim Jakarta Mandiri Popsivo Polwan Guedpard Pornpun sebagai peraih predikat setter terbaik musim ini.

Para pemain yang meraih gelar individu diganjar hadiah uang pembinaan sebesar Rp5 juta sedangkan MVP Rp10 juta.

Adapun untuk gelar juara Rp200 juta, runner-up Rp 100 juta, peringkat ketiga Rp75 juta, dan peringkat keempat Rp50 juta.

Peringkat ketiga diraih Jakarta Mandiri Popsivo Polwan yang pada laga sebelumnya mengalahkan Jakarta Pertamina Fastron dengan skor 3-1 (25-23, 13-25, 25-21, 25-21). (ntr, ins)

baca juga :

11 Mei: Kasus Positif Corona 14.265 Orang, Sembuh 2.881 Orang, Meninggal 991 Orang

Redaksi Global News

Inggris Beri Bantuan Ukraina Rp 1,44 Triliun

14 Juni: Pasien Positif Corona di Jatim 7.780 Orang, Sembuh 2.254

Redaksi Global News