Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Nasional Utama

Program Listrik Desa, PLN Jatim Bangun Jaringan 98 Titik pada 2022

Program Listrik Desa sebagai bagian komitmen mewujudkan akses listrik yang merata.

SURABAYA (global-news.co.id) – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur akan membangun jaringan listrik desa di 98 lokasi atau titik di wilayah setempat pada 2022 melalui Program Listrik Desa sebagai bagian komitmen mewujudkan akses listrik yang merata.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Lasiran, Minggu (20/3), mengatakan akses listrik merata itu dilakukan di wilayah 3T atau terdepan, terluar dan tertinggal.

Ia mengatakan jaringan listrik desa di 98 lokasi itu akan menyuplai kurang lebih 13.296 pelanggan termasuk di kepulauan, dengan panjang jaringan tegangan rendah (JTR) 295,07 kms, jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 147,94 kms dan 89 unit trafo kapasitas 8.850 KVA.

Dikatakannya, selama proses pembangunan dari mulai perizinan hingga pengoperasian, PLN akan menggandeng stakeholder terkait. Mulai dari pemerintah desa, tokoh masyarakat hingga aparat keamanan.

“Dengan sinergi hingga level terendah ini menunjukkan komitmen dan kesungguhan PLN berkolaborasi bersama pemerintah mewujudkan pembangunan,” katanya.

Lasiran berharap dengan hadirnya listrik di lokasi-lokasi terluar tersebut dapat meningkatkan perekonomian dan kemajuan daerah.

Sementara itu, ia mencatat hingga pertengahan Maret 2022, PLN telah menyambungkan listrik di sebanyak 16 dusun yang belum berlistrik.

Sebanyak 16 dusun itu berada di Bangkalan, Sampang, Kangean, Ponorogo, Tulungagung, Bojonegoro, Tuban, Probolinggo, dan Bondowoso telah dioperasikan jaringan listrik PLN.

“Untuk 16 lokasi itu menyuplai kurang lebih sebanyak 896 pelanggan. Selanjutnya pada bulan ini pula, akan bertambah pengoperasian di 9 lokasi dusun belum berlistrik. Harapan kami, Ramadhan ini mereka dapat beribadah dengan nyaman dan khusyuk dengan adanya listrik,” katanya.

Ia berharap adanya listrik ini dapat meningkatkan pembangunan di sektor lainnya, sehingga daerah tersebut semakin tumbuh. (tis, fan)

baca juga :

Dosen ITS Rancang Aplikasi dan Model Penaksiran Jaminan Halal

Redaksi Global News

Liga 1: Macan Putih Sukses Lanjutkan Tren Positif

Redaksi Global News

Bupati Baddrut Tamam: Indonesia Masa Depan Tergantung Generasi Muda Saat Ini

gas