Global-News.co.id
Jogja Solo Nasional Utama

Presiden Jokowi Hadiri Pengukuhan KGPAA Mangkunegara X

Presiden Joko Widodo menghadiri pengukuhan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X

SOLO (global-news.co.id) – Presiden Joko Widodo menghadiri pengukuhan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X yang dilaksanakan di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (12/3).

Berdasarkan pantauan di Solo, Sabtu (12/3) dilaporkan, Presiden Jokowi tiba di Pura Mangkunegaran sekitar pukul 11.50 WIB. Dengan mengenakan setelan jas dan celana panjang berwarna biru tua, Jokowi langsung menaiki “paringgitan” di mana Adipati Mangkunegara X duduk.

Setelah sempat bersalaman dengan Adipati Mangkunegara X serta tamu yang juga duduk di paringgitan, Jokowi duduk bersama Sri Sultan Hamengkubuwana X dan Ratu Hemas.

Usai berbincang selama beberapa menit, Presiden Jokowi kemudian berpamitan dan meninggalkan lokasi sekitar pukul 12.00 WIB.

Sementara itu, pada kesempatan itu Gubernur DIJ Sri Sultan Hamengkubuwana X berharap agar Adipati Mangkunegara X bisa terus melestarikan kebudayaan. “Kalau saya harapan saja, tadi dalam pidatonya kan tentang kebudayaan,” katanya.

Sementara itu, Presiden Jokowi berada di Solo untuk melakukan kunjungan kerja sekaligus mendatangi acara pernikahan salah satu keluarga.

Meski demikian, Jokowi tidak menginap di kediaman pribadinya di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo melainkan di Istana Kepresidenan Gedung Agung Jogjakarta.

Terkait dengan pengukuhan, sebelumnya Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo resmi menjadi KGPAA Mangkunegara X melalui prosesi pengukuhan yang dilaksanakan di Pura Mangkunegaran Surakarta.

Prosesi pengukuhan dimulai pada pukul 10.00 WIB. Bhre yang mengenakan bawahan berupa kain batik bermotif parang dengan atasan beskap hitam dikukuhkan langsung oleh ibundanya Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX.

Pada pengukuhannya, istri KGPAA Mangkunegara IX tersebut meminta agar putra bungsunya itu selalu memberikan ketenteraman bagi Pura Mangkunegaran. Selanjutnya, prameswari dalem menyerahkan piagam pengukuhan kepada Bhre di hadapan ratusan tamu yang hadir. (ntr, ins)

baca juga :

Pak Basuki dan Keluarga Besar Masjid Al Biru Pertiwi Gelar Pengobatan Gratis

gas

Ternyata BI Telah Suntik Rp 651 Triliun ke Perbankan

Redaksi Global News

Malaysia Open: Apri/Fadia Sabet Gelar Perdana