Global-News.co.id
Mancanegara Utama

Perkuat Pasukan NATO di Dekat Ukraina, Ceko Siap Kirim 400 Tentara

Rep Ceko siap mengirim 400 tentara untuk bergabung dengan pasukan tempur NATO di negara tetangga Slovakia

PRAHA (global-news.co.id) – Republik Ceko menyatakan kesiapannya mengirim 400 tentara untuk bergabung dengan pasukan tempur NATO di negara tetangga Slovakia. Itu menurut Menteri Pertahanan Ceko Jana Cernochova, Kamis (3/3).

Pakta pertahanan itu berupaya memperkuat keberadaan pasukan di negara-negara bagian timur yang menjadi anggotanya setelah invasi Rusia di Ukraina.

Ukraina berbatasan langsung dengan Slovakia dan negara-negara Eropa lain di Eropa tengah seperti Hongaria, Rumania dan Polandia.

“Pasukan tempur NATO diperkuat oleh tentara dari negara-negara tersebut dan Bulgaria,” kata Cernochova.

Dikatakan, Ceko akan mengirimkan personel untuk ditempatkan di bagian komando dan perhubungan, logistik, pembuatan kebijakan dan unit mekanik.

Menhan Slovakia mengatakan pada Sabtu negaranya bisa menampung pasukan NATO yang akan mencakup 1.200 tentara asing dan sistem rudal Patriot yang dikendalikan oleh personel dari Jerman dan Belanda.

Seperti negara-negara NATO lainnya, Republik Ceko mendukung Ukraina dan telah memberikan bantuan militer untuk pasukan negara itu.

Pada Kamis, pemerintah Ceko menyetujui bantuan tambahan berupa senjata ringan dan amunisi senilai 17 juta koruna (sekitar Rp10,5 miliar). (rtr, ant, ins)

baca juga :

Jumlah Pengangguran di Jatim Masih di Atas 800 Ribu

Redaksi Global News

Hadapi Persib, Eduardo Almeida Optimistis Raih Hasil Sempurna

Siap-siap, Mulai 7 Mei Warga yang Nekat Mudik Disanksi

Redaksi Global News