Global-News.co.id
Kesehatan Metro Raya Utama

Pemkot Surabaya Pastikan Stok Vaksin Booster Tersedia

Pemkot Surabaya memastikan ketersediaan vaksin booster aman

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemkot Surabaya memastikan ketersediaan vaksin booster (dosis 3) tersedia. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya, Nanik Sukristina, mengatakan, vaksinasi booster juga masih berjalan sampai sekarang dengan menggunakan stok yang ada, yaitu jenis Pfizer.

Nanik juga menyampaikan, sebelumnya Walikota Surabaya Eri Cahyadi telah berkirim surat ke Kementerian Kesehatan RI terkait suplai vaksin.

Sesuai Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dari Kementerian Kesehatan RI per tanggal 1 Maret 2022 tercantum, bahwa Kota Surabaya akan mendapatkan alokasi distribusi vaksin jenis Moderna, dengan jumlah 600 vial.

“Sampai dengan tanggal 4 Maret 2022, pelaksanaan vaksinasi booster masih tetap berjalan dengan menggunakan stok vaksin yang tersedia yakni Pfizer. Lokasi kegiatan vaksinasi ini tersebar di seluruh wilayah Puskesmas Kota Surabaya hingga hari ini,” kata Nanik, Sabtu (5/3).

Nanik menerangkan, setelah di-update kembali pada tanggal 4 Maret 2022, Dinkes Surabaya masih menunggu alokasi tersebut tiba di IFK Provinsi Jatim dan instruksi pengambilan vaksin dari Dinkes Provinsi Jatim.

Dinkes Kota Surabaya sebelumnya juga sempat mengajukan permohonan alokasi vaksin Pfizer ke Kementerian Kesehatan RI, untuk kebutuhan booster Covid-19 bagi lanjut usia (lansia) dan masyarakat umum sejumlah 26.654 vial. Akan tetapi, sampai dengan hari ini Dinkes Surabaya masih menunggu ketersediaan alokasi vaksin tersebut.

“Alokasi vaksin akan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk booster Covid-19 bagi seluruh masyarakat Kota Surabaya yang berusia 18 tahun ke atas. Mengingat, dropping vaksin dari pusat masih bertahap, maka sasaran lansia dan kelompok rentan yang sudah sesuai dengan ketentuan akan menjadi prioritas kami,”  kata Nanik.

Saat ini, lansia yang sudah tervaksinasi booster totalnya mencapai 87.626 atau 96,63 persen, dari target sasaran 90.678.

Sementara itu, yang belum tervaksinasi booster ada 3.052 lansia atau 3,37 persen. Sedangkan masyarakat umum dan pelayan publik yang sudah divaksinasi saat ini totalnya mencapai 341.659 atau 58,79 persen, dari target sasaran 581.134. Sedangkan yang belum divaksinasi, tersisa 239.475 atau 41,21 persen.

“Giat vaksinasi booster kami selenggarakan di seluruh wilayah Puskesmas di Kota Surabaya. Selain itu juga kami gelar di beberapa sentra vaksinasi, seperti di mall, atlas sport center, perkantoran dan masih banyak lainnya,” kata dia. (pur)

baca juga :

Wagub Emil Tegaskan Jatim Terus Perluas Jaringan Ekonomi

Redaksi Global News

Ibrahim Hasyim Gelar Training SDM Berkompetensi di Aceh

gas

LHP LKPD Pemkab Pamekasan Raih WTP 7 Kali Berturut-Turut

gas