Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Mataraman Utama

Pemkab Magetan Dukung Pengembangan Wisata Kebun Jeruk Pamelo

Bupati Magetan Suprawoto memamerkan jeruk pamelo di kebun milik warga

MAGETAN (global-news.co.id) – Pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, mendukung wisata kebun jeruk pamelo yang dikembangkan oleh petani hortikultura setempat guna mendukung pemasaran komoditas buah andalan di daerah itu.

Bupati Magetan, Suprawoto, menyatakan, apresiasinya kepada petani sekaligus pemilik kebun jeruk pamelo, Suroso, atas inovasinya membuat wisata kebun jeruk sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan dan penjualan buah tersebut.

“Pemkab Magetan akan membantu memasarkan jeruk dan wisata kebun jeruk ini, salah satunya melalui promosi-promosi dan pemasaran di era digital ini,” ujar Bupati Suprawoto saat meluncurkan wisata kebun jeruk pamelo di Desa Tamanan, Kecamatan Sukomoro, Magetan, Sabtu (26/3).

Menurut dia, dengan inovasi pengembangan wisata kebun jeruk pamelo maka akan dapat membangkitkan semangat petani lain dan mengembalikan kejayaan pamelo (jeruk besar) di daerah Magetan.

Kabupaten Magetan dikenal sebagai daerah penghasil jeruk pamelo. Sentra penghasil jeruk pamelo terdapat di Kecamatan Bendo, Takeran, Sukomoro, dan Kawedanan (Betasuka).

Terdapat tiga jenis jeruk pamelo yang dikembangkan petani dan telah disahkan melalui Surat Keputusan Menteri Pertanian sebagai produk unggulan dari Kabupaten Magetan, yakni jeruk pamelo ‘Nambangan’ yang rasanya manis kecut segar. Kemudian, ‘Si Nyonya’ yang kadar manisnya lebih tinggi, dan ‘Magetan’ yang tahan lebih lama.

Data Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) setempat mencatat populasi pohon jeruk pamelo di Magetan telah mencapai lebih dari 582.845 pohon yang tersebar di sentra penanaman dengan luas wilayah mencapai lebih dari 450 hektare.

Petani sekaligus pemilik kebun jeruk pamelo, Suroso, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Magetan Suprawoto dan jajaran atas dukungan yang diberikan selama ini.

“Kami sangat berterima kasih dan berharap ke depan Pemkab Magetan bisa membantu dalam promosi dan penjualan sehingga jeruk pamelo Magetan semakin dikenal masyarakat,” kata Suroso.

Peluncuruan wisata kebun jeruk pamelo tersebut, selain Bupati Suprawoto juga dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Magetan, Ny Titik Suprawoto, Kadis TPHPKP, Kadis Disparbud, Forkopimca, Perangkat Desa Tamanan, serta masyarakat sekitar dengan menerapkan protokol kesehatan. (ins, ara, her)

baca juga :

Starter dan Cetak Gol, Erwin Ramdani Makin Termotivasi

Redaksi Global News

Turki Janjikan Bangladesh Ganti Biaya Menampung Warga Rohingya

Redaksi Global News

Guna Stabilkan Harga Beras, Bupati Gus Muhdlor Bersama Komisi IV DPR RI Tinjau Gudang Bulog Sidoarjo

Redaksi Global News