Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Metro Raya Utama

Pembongkaran Selesai, Pemkot Surabaya Bersihkan Sisa Material Bangunan TPS

Pemkot Surabaya menuntaskan pembongkaran Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasar Turi

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemkot Surabaya telah menuntaskan pembongkaran Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasar Turi, mulai dari blok A, B hingga C yang ada di Jl Pasar Turi serta Jl Dupak Raya menuju ke Jl Tembaan. Pembongkaran TPS Pasar Turi ini sebelumnya dilakukan Selasa (22/3) pagi hingga malam hari.

Saat pembongkaran, Pemkot menerjunkan lima alat berat berupa backhoe. Bahkan, petugas Satpol PP, BPBD Surabaya, Dinas Perhubungan (Dishub) dan TNI/Polri juga disiagakan melakukan pengamanan dan mengatur arus lalu lintas selama proses pembongkaran.

Setelah semua blok dibongkar, Pemkot Surabaya melakukan pembersihan sisa material bangunan TPS Pasar Turi. Sisa material bangunan berupa tiang pancang besi, kayu, hingga reruntuhan tembok itu diangkut satu persatu menggunakan truk.

Kemudian material-material ini dibawa ke gudang milik Pemkot yang ada di kawasan Tanjungsari dan Sememi, Kecamatan Benowo.

Kepala Satpol PP Kota Surabaya, Eddy Christijanto, mengatakan, pengangkutan sisa material bangunan TPS Pasar Turi dibantu oleh petugas dari Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya. Pengangkutan materialnya sudah dimulai dari Selasa (22/3) pagi hingga malam, kemudian dilanjutkan Rabu (23/3) pagi.

“Karena memang ini jalurnya kalau pagi sampai jam 7 malam padat. Sehingga kita tidak ingin mengganggu lalu lintas, makanya kita laksanakan malam hari. Karena Jl Dupak Raya termasuk jalur padat menuju ke kota,” kata Eddy ditemui di sela kegiatan pembongkaran saat malam.

Eddy juga menyebutkan, pembersihan material bongkaran, ditargetkan selesai sebelum 28 Maret 2022. “Kalau sampai bersih seluruhnya diperkirakan sebelum tanggal 28 Maret 2022. Kita upayakan sudah clear semua,” ujar Eddy.

Sebelumnya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Surabaya, Irvan Widyanto, mengatakan, setelah dibongkar dan dibersihkan, eks-lokasi TPS Pasar Turi akan digunakan sebagai akses jalan menuju ke Pasar Turi Baru. “Yang jelas nanti untuk jalan, agar akses menuju ke Pasar Turi Baru lebih mudah,” kata Irvan.

Selain itu, Irvan menjelaskan, Pemkot Surabaya juga melakukan penataan estetika di kawasan tersebut. Harapannya, setelah dilakukan penataan nanti dapat memperlancar arus lalu lintas di kawasan Jalan Pasar Turi dan sekitarnya.

Mantan Kepala BPB dan Linmas Kota Surabaya itu juga menyebutkan, saluran yang ada di kawasan Jl Pasar Turi akan dilakukan normalisasi. Pembangunan normalisasi saluran ini diharapkan dapat mencegah genangan di kawasan Jl Semarang. (pur)

baca juga :

Pamekasan Dipercaya Pemerintah Pusat Kembangkan Bawang Merah

gas

Imbas Pandemi, Angka Kemiskinan Kota Malang Naik 4,44 Persen

Redaksi Global News

Kematian Covid-19 di Jatim Terendah, Gubernur Khofifah Apresiasi Kerja Keras Semua Pihak

Redaksi Global News