Global-News.co.id
Kesehatan Utama

Pelayanan Kesehatan Bergerak Jatim Bergerak Lagi ke Kepulauan Sapudi

Pelayanan kesehatan menggunakan kapal Gandha Nusantara 1 dan Gandha Nusantara 2 dilaksanakan selama 3 hari, Senin hingga Rabu (23/3)

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur (Dinkes Jatim) kembali melaksanakan Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) di Kepulauan Sapudi, Sumenep. Pelayanan kesehatan yang menggunakan kapal  Gandha Nusantara 1 dan Gandha  Nusantara 2 itu dilaksanakan selama 3 hari, mulai Senin hingga Rabu (23/3).

Sebagaimana dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Jatim, Dr dr Erwin Astha Triyono SpPD, PKB yang merupakan program prioritas Gubernur Khofifah Indar Parawansa ini bertujuan untuk lebih mendekatkan akses dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat.

“Tim PKB akan memberikan pelayanan kesehatan dasar dan spesialistik. Di antaranya, pelayanan kesehatan umum, mata, bedah, obgyn (kandungan dan kebidanan) serta pelayanan kesehatan lainnya kepada masyarakat kepulauan. Target sasarannya sebanyak 95 orang,” ujar Erwin dalam rilisnya, Selasa (22/3).

Dalam melakukan pelayanan atau tindakan kesehatan tersebut,  lanjutnya, masyarakat difasilitasi ruangan operasi bergerak yang disiapkan sesuai standar di kapal Gandha Nusantara 1 dan Gandha Nusantara 2 yang merapat di pelabuhan Tarebong.

PKB kali ini menyertakan 25 orang tenaga kesehatan yang  terdiri dari dokter spesialis bedah 2 orang, spesialis mata 1 orang, spesialis anaestesi 3 orang, spesialis kandungan kebidanan 1 orang, PPDS 2 orang, perawat 9 orang, bidan 2 orang, apoteker 1 orang, teknisi elektromedik 1 orang, CSSD 1 orang dan tenaga lainnya 2 orang.

Tim PKB tersebut gabungan dari beberapa rumah sakit, antara lain RSUD Dr Soetomo Surabaya, RSUD Dr Saiful Anwar Malang, RSUD M.Noer Pamekasan, RS Mata Masyarakat Jawa Timur, dan RSU Anwar Sumenep. (ret)

baca juga :

Masifkan Langkah Preventif, Screening di Jembatan Suramadu Diterapkan dari Kedua Arah

Titis Global News

iStow ITS Siap Rambah Pasar ASEAN

Redaksi Global News

Sosialiasi Pemantapan Pola Asuh Anak, Diikuti Ribuan Orangtua di Surabaya

Redaksi Global News