Global-News.co.id
Mancanegara Nasional Utama

Pekerja Migran Indonesia, Sebanyak 30 Orang Dievakuasi dari Ukraina

Ada 30 pekerja migran yang dievakuasi dari Ukraina kembali ke Tanah Air

JAKARTA (global-news.co.id) – Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) memastikan 30 pekerja migran Indonesia (PMI) berhasil dievakuasi dari Ukraina dan telah tiba di Tanah Air bersama dengan rombongan warga negara Indonesia lainnya.

“Di antara 80 warga negara Indonesia, ada 30 pekerja migran yang dievakuasi dari Ukraina kembali ke Tanah Air,” kata Kepala BP2MI, Benny Rhamdani, dalam konferensi pers virtual, diikuti dari Jakarta, Jumat (4/3).

Para pekerja migran itu telah tiba di Indonesia bersama rombongan WNI lainnya pada 3 Maret 2022 pada pukul 17.10 WIB.

Dia menjelaskan, tenaga kerja Indonesia (TKI) yang berhasil dievakuasi dari Ukraina tersebut terdiri dari 29 perempuan dan satu laki-laki. Kebanyakan dari PMI yang dievakuasi bekerja sebagai spa terapis dan berasal dari Bali.

Ia mengatakan, masih terdapat 14 WNI yang berada di Bukares, Rumania karena mayoritas dari mereka terpapar Covid-19. Dari tes yang dilakukan 12 orang positif Covid-19 dan dua orang memilih tinggal di Bukares untuk menemani anak mereka yang juga terkonfirmasi positif.

“Enam orang di antaranya adalah pekerja migran Indonesia yang diketahui dan dinyatakan positif Covid-19,” jelasnya.

Benny memastikan perwakilan Indonesia di Bukares akan terus memantau keadaan 14 orang itu dan jika telah memungkinkan akan dievakuasi menggunakan pesawat kembali ke Indonesia.

Untuk PMI yang telah tiba telah dinyatakan tidak terinfeksi Covid-19 setelah menjalani tes di Indonesia dan saat ini menjalani karantina di Wisma Pasar Rumput, Jakarta.

“BP2MI akan membantu memfasilitasi para pekerja migran Indonesia nanti pulang ke daerah asalnya setelah selesai menjalani masa karantina,” ujar Benny. (ant, ins)

baca juga :

Jumlah Tes PCR Melonjak, Pemkot Surabaya Harus Ambil Langkah Taktis

Redaksi Global News

Pelindo III Salurkan Dana Kemintraan Rp817 Juta ke Banyuwangi

nasir nasir

411 Personel Disiagakan di 17 Titik Penyekatan Perbatasan Kota Surabaya

Titis Global News