Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Metro Raya Utama

Panen Ikan Nila dan Jagung, DKPP Surabaya Membagikan ke Warga MBR Lakarsantri

DKPP dibantu warga setempat memanen ikan nila dan jagung

SURABAYA (global-news.co.id) – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya membagikan hasil panen budidaya ikan nila dan jagung kepada masyarakat berpenghasilan rendah  (MBR) di Kelurahan Jeruk dan Lakarsantri, Kecamatan Lakarsantri, Kota Surabaya, Jumat (11/3).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti, mengatakan, sesuai dengan kebijakan Walikota Surabaya Eri Cahyadi, setiap aset yang dimiliki harus bermanfaat bagi masyarakat.

“Oleh karena itu, panen ikan nila dan jagung dari hasil Tahura (Taman Hutan Raya) ini dibagikan kepada warga MBR,” katanya.

Menurut dia, dengan luas kolam 500 m2, menghasilkan kurang lebih 140 kilogram ikan nila dan masing-masing warga MBR akan mendapatkan 1 kilogram.

“Kami juga melakukan panen jagung di luas lahan 800 m2 dengan hasil kurang lebih 200 kilogram,” kata Antiek.

Untuk hasil panen jagung, lanjut dia, pihaknya akan menggunakan sebagai pakan ternak dan dibagikan kepada warga yang memiliki hewan ternak. Sebab, hasil panen jagung tersebut bukanlah kategori jenis jagung manis. “Melainkan termasuk kategori jagung tua, jadi hanya bisa digunakan untuk makan ternak,” ujarnya.

Antiek mengaku, hasil panen tersebut belum maksimal. Namun, kata dia, pihaknya telah melakukan evaluasi agar bisa mengoptimalkan pengembangan produksi hasil panen karena Taman Hutan Raya Jeruk memiliki luas 7,6 hektare.

“Ini menjadi salah satu tantangan DKPP. Sebab, kami menjadi contoh masyarakat dalam pengembangan pertanian, perikanan, dan peternakan,” ujar dia.

Ia menambahkan, untuk meningkatkan pengelolaan lahan agar lebih bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis, pihaknya akan melakukan inovasi berbasis teknologi untuk mengembangkan potensi Tahura Jeruk.

Sementara itu, Lurah Lakarsantri, Luluk Tri Krismawati, mengatakan, pihaknya turut melakukan penjemputan terhadap warga yang tidak memiliki kendaraan, untuk mengambil hasil panen dari DKPP.

“Kami terus berupaya melayani masyarakat, salah satunya kami menjemput dan mengantar pulang MBR usai mengambil hasil panen,” kata Luluk.

Ketua RW 01 Kelurahan Lakarsantri, Sujianto, berharap jika program pembagian hasil panen dari DKPP Kota Surabaya bisa dilakukan secara berkelanjutan. “Mudah-mudahan ini bermanfaat untuk warga kami,” kata Sujianto.

Senada dengan Sujianto, warga MBR RT 01 RW 02 Kelurahan Lakarsantri, Khoira, mengaku bersyukur dengan kepedulian Pemkot Surabaya yang telah membagikan hasil panen ikan nila. (pur)

baca juga :

Lebih Bertenaga, Sapuangin Speed 5 ITS Siap Bertarung di Jepang

Redaksi Global News

Petugas Pajak Surabaya Pernah Duel Gara-gara Warna Stempel

Redaksi Global News

14 Lembaga Pendidikan Lolos Penilaian Adiwiyata Kota Surabaya 2020

Redaksi Global News