Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Metro Raya Utama

Mulai 2022, 250 UMKM Surabaya Masuk Marketplace

Pengunjung melihat produk UMKM di Surabaya Kriya Gallery (SKG) Reborn di Jl Dr Ir H Soekarno, Kota Surabaya, Selasa (8/3).

SURABAYA (global-news.co.id) – Sebanyak 250 usaha miko kecil menengah (UMKM) di Kota Surabaya, Jawa Timur, mulai tahun 2022 ini masuk lini marketplace atau tempat berkumpulnya toko-toko daring untuk menjual produknya secara mudah.

“Saya ingin produk-produk UMKM Surabaya bisa masuk ke pasar global,” kata Walikota Surabaya Eri Cahyadi, Selasa (8/3).

Eri berharap, keberadaan Surabaya Kriya Gallery (SKG) Reborn di Jl Dr Ir H Soekarno Surabaya bukan sekadar ruang galeri produk UMKM Surabaya, melainkan juga sebagai penyemangat bagi para pelaku UMKM Surabaya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Kota Surabaya itu menjelaskan, peran para pelaku UMKM di Kota Pahlawan ini sangat besar. Oleh karena itu, Pemkot Surabaya merombak Sentra UMKM yang sebelumnya pernah ada menjadi SKG Reborn.

“Karena peran UMKM ini besar, maka Pemkot memberikan fasilitas. Kalau tempatnya nyaman seperti ini, barangnya bagus, pasti dituku (dibeli). Jadi, pemerintah jangan sampai habis memberikan pelatihan, kemudian dibiarkan begitu saja. Tapi harus kita bina hingga produknya bernilai tinggi,” ujarnya.

Eri menyampaikan, SKG Reborn yang diresmikan pada Senin (7/3) bagian dari komitmen Pemkot Surabaya mewujudkan padat karya UMKM. Padat karya ini untuk menggerakkan kembali roda perekonomian pascapandemi Covid-19 sekaligus mendorong kualitas produk UMKM yang lebih baik lagi.

Agar lebih baik lagi, Eri bercerita soal perusahaan yang dulunya dibangun di tempat sederhana, seperti halnya Amazon, Google, Apple dan Walt Disney. Perusahaan-perusahaan raksasa itu kini dikenal masyarakat, bahkan menguasai pasar global. Dengan contoh itu, ia terus memotivasi para pelaku UMKM Surabaya agar ke depannya mampu bersaing lebih baik.

“UMKM jangan berkecil hati, dimulai dari langkah kecil ini, kami yakin bisa menggapai cita-cita besar seperti yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan raksasa tersebut,” katanya. (pur)

baca juga :

Lindas Tsuneyama, Jojo Bertemu Momota di Perempat Final Denmark Open

Redaksi Global News

Sekdaprov Heru Tinjau Posko dan Dapur Umum Bencana Banjir Desa Wonoasri Jember

Redaksi Global News

Sebulan Tangkap 6.035 Pelanggar e-Tilang

Redaksi Global News