Global-News.co.id
Madura Utama

Mencapai 875 Orang, Peserta Pelatihan DTS Akan Terus Ditingkatkan

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Program Digital Talent Scholarship (DTS) yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pamekasan hingga kini telah berhasil mendidik sebanyak 875 orang peserta dari berbagai skema, dari 10 ribu orang peserta yang ditargetkan. Terakhir DTS itu digelar di Hotel Front One, Selasa hingga Jumat (15-18/3/22) lalu.
Pranata Humas Ahli Muda Diskominfo Pamekasan Imam Wahyudi mengatakan terlaksananya program DTS ini atas kerja sama Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Jawa Timur dengan Diskominfo Pamekasan.
Beberapa kategori pelatihan yang dilaksanakan di antaranya adalah Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Professional Academy (PRO), Government Transformation Academy (GTA), Regional Development Academy (RDA), Leadership Digital Academy (LDA) dan lainnya.
“Pelatihan yang digelar tiap tahun itu dalam rangka meningkatkan kecakapan digital dan mendorong terciptanya kemampuan wirausaha berbasis digital. Tujuannya untuk meningkatkan daya saing,  utamanya terkait dengan program Wira Usaha Baru, dari Pemkab Pamekasan,” ungkap Imam Wahyudi.
Dari 875 orang peserta yang telah mengikuti pelatihan terinci pelatihan DEA batch I mencakup 250 peserta. Pelatihan DEA batch II 250 orang, sedangkan untuk pelatihan tematic academy sudah dilatih 125 peserta, dan fresh graduate academy sudah diproyeksikan 250 peserta.
“Kini sudah ada beberapa pelatihan yang dilaksanakan, di antaranya, untuk pelatihan DEA batch I sudah dilakukan dengan mencakup 250 peserta. Saat ini sedang berlangsung pelatihan DEA batch II, 250 orang, sedangkan untuk pelatihan tematic academy sudah dilatih 125 peserta, dan fresh graduate academy sudah diproyeksikan 250 peserta,” jelasnya.
Pamekasan dipilih menjadi lokasi pelaksanaan pelatiahan ini,  kata Yudis, karena dari sisi SDM dan pengguna internet di Pamekasan sangat dinamis. Bagi calon peserta yang belum berkesempatan mengikuti  pelatihan pada saat ini, dia berharap bisa mengikuti pelatihan pada kesempatan berikutnya, supaya target total peserta bisa tercapai.
Sementara itu, Sub Koordinator Bagian Pengembangan SDM BPSDM Kominfo Surabaya Suryo Setiyo Kardono menyampaikan, program DTS  memang diperuntukkan bagi upaya mendorong suatu daerah melek digital dan berwawasan luas dalam rangka menyambut  perkembangan literasi digital.
Setelah pelatihan, para peserta akan tetap dipantau perkembangan kemampuannya. Bahkan saat ini, masih dipersiapkan ada skema pelatihan lanjutan, untuk semakin meningkatnya kemampuan para peserta, namun teknisnya masih belum final.
“Dari pusat saat ini memang sedang dibuat tim khusus bagi peserta yang sudah mengikuti pelatihan. Memang untuk memantau hasil pelatihannya bagaimana, dan dimungkinkan ada pelatihan lanjutan, supaya levelnya lebih meningkat lagi,” jelasnya. (mas)

baca juga :

Upacara Adat Tengger Yadnya Kasada Bromo Dibanjiri Wisatawan

3 Juli: Pasien Positif COVID-19 di Jatim 13.025 Orang

Redaksi Global News

Ritual di Pantai Payangan, Polisi Olah TKP Selidiki Kasus Tewasnya 11 Orang

Redaksi Global News