Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Konjen Australia Siap Kerjasama di Berbagai Sektor dengan Cheng Hoo

Konjen Fiona Hoggart (kanan) menyerahkan souvenir kepada H.A. Nurawi.
SURABAYA (global-news.co.id)-Konsulat Jenderal (Konsul) Australia di Surabaya siap melakukan kerjasama dengan Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia (YHMCHI) di berbagai sektor, seperti pendidikan hingga sosial kemasyarakatan.
Hal ini mengemuka dalam kunjungan Konjen Australia untuk Surabaya, Fiona Hoggart ke Cheng Hoo, Sabtu (5/3/2022) sore. Dalam kunjungan ini Konjen didampingi Ashton, staf Kedutaan Australia di Jakarta dan Regina Halim, staf Konjen Australia di Surabaya.
Tamu dari Konjen tersebut disambut langsung oleh Ketua Umum YHMCHI, H.A. Nurawi. Turut menyambut pula H. Ma’mun Hasan (Dewan Pendiri YHMCHI), Hasan Basri Fuk (Ketua Pelaksana Harian YHMCHI), H. Dion Sultan (Sekretaris Umum YHMCHI) dan Ustad Haryono Ong (Ketua Ta’mir Masjid Cheng Hoo Surabaya).
H.A. Nurawi kemudian mengajak Fiona berkeliling gedung dan Masjid Cheng Hoo. Sementara Ustad Hasan Basri memberikan penjelasan berbagai ornamen maupun sejarah Masjid Cheng Hoo. Secara nasional terdapat 15 Masjid Cheng Hoo, sedangkan di Jatim terdapat 5 Masjid Cheng Hoo.
“Saya berharap nanti ibu Konjen bisa ikut hadir pada kegiatan-kegiatan yang digelar oleh masjid Cheng Hoo di bulan Ramadhan. Tapi kami masih menunggu pemerintah tentang kegiatan di masa pandemi ini. Apakah diperbolehkan apa tidak,” kata H.A. Nurawi.
Dalam kesempatan tersebut, Ibu Konjen mengatakan tentang arti kunjungannya ke  Cheng Hoo. Selaku Konjen yang baru ia ingin mengadakan silaturahim.
“Melalui kegiatan silaturahim ini diharapkan dapat terjalin saling pengertian. Serta membangun persahabatan satu sama lain. Silaturahim ini baru langkah awal. Nanti kita lanjutkan lagi pertemuan berikutnya,” katanya.
Konjen juga menyatakan rasa  terkesannya dengan filosofi-filosofi yang mendasari didirikannya masjid Cheng Hoo, seperti membangun toleransi di tengah keragaman di Indonesia. Baik agama, suku dan bangsanya di Indonesia.
“Ini unik sekali. Meski beda agama, suku maupun bahasanya, tetapi tetap damai. Menurut saya hal ini lebih penting dari apa pun,” katanya.
Konjen mengucapkan banyak terima kasih atas sambutan dari pihak YHMCHI yang sangat ramah. Ia merasa sangat terkesan.
“Selanjutnya kami menunggu YHMCHI berkunjung ke tempat kami,” katanya. (Tamam, Erfandi)

baca juga :

Pemprov Jatim Tambah 10 RS Rujukan

Redaksi Global News

Digelar Tatap Muka, MTQ Jatim ke-29 di Pamekasan Dimulai 3 November

gas

238 WNI dari Tiongkok yang Telah Diobservasi di Natuna Dipastikan Bebas Virus Corona

Redaksi Global News