Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Jember Raya Utama

Kelengkeng Jemsu Bisa Jadi Pilihan Petani Jember

Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto mampir ke kebun kelengkeng milik warga

JEMBER (global-news.co.id) – Di tengah padatnya agenda dalam program J-Hur atau Jember Hadir untuk Rakyat di Kecamatan Jombang, Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto mampir ke kebun kelengkeng milik warga. Kebun kelengkeng Jember Super (Jemsu) tersebut berada di kawasan persawahan Desa Jombang.

“Ini contohnya, sambil memegang memetik kelengkeng Jemsu langsung dari pohonnya, bertani kelengkeng itu bisa jadi pilihan bagi petani sebagai sumber penghasilan ekonomi, jadi ada variasi, tidak semua tanam padi,” ungkap Bupati Hendy Siswanto (5/3).

Menurutnya, bertani kelengkeng Jemsu itu mudah, tanah apapun bisa cocok ditanami kelengkeng, dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Oleh karena itu, lanjut Bupati Hendy, Pemkab Jember menanam kelengkeng sebagai contoh bagi masyarakat bahwa menanam kelengkeng itu pilihan yang menguntungkan.

“Maka kami tanam di Rembangan, dan kami berikan contoh karena banyak tanah-tanah (aset) yang terbengkalai, supaya masyarakat yakin bahwa dengan menanam kelengkeng itu sangat menguntungkan. Dan tidak lama hanya setahun lebih dikit sudah bisa panen, dan kelengkeng Jemsu ini tidak kalah dengan kelengkeng impor,” tambah Bupati Hendy.

Nantinya kelengkeng Jemsu akan terus dikembangkan, bibitnya akan dibagikan kepada petani yang bersedia menanam kelengkeng Jemsu.

“Dan apabila ini berhasil, kita akan swasembada kelengkeng dan potensi produk turunannya lebih menguntungkan lagi,” ujarnya. (ebe, ins)

baca juga :

Bersama Pangkoarmada II, Walikota Eri Siap Berkolaborasi Gelar Percepatan Vaksinasi di Wilayah Aglomerasi

Redaksi Global News

Ratusan Pelajar Al Huda Tuban Nobar Film G 30 S/PKI

Redaksi Global News

Gubernur Khofifah : Atlet Jatim Harus Kibarkan Bendera Merah Putih di Sea Games Manila

Redaksi Global News