Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Jember Raya Utama

Bupati Banyuwangi Minta Dinas-Kecamatan Fasilitasi Pasar Takjil Ramadan

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meminta dinas terkait, kecamatan, hingga pemerintah desa memfasilitasi dan mendukung pelaksanaan Pasar Takjil

BANYUWANGI (global-news.co.id) – Menjelang Bulan Ramadan, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meminta dinas terkait, kecamatan, hingga pemerintah desa memfasilitasi dan mendukung pelaksanaan Pasar Takjil yang marak digelar di 25 kecamatan se-kabupaten itu.

“Termasuk Dinas Kesehatan saya minta membantu para UMKM yang berjualan di Pasar Takjil untuk menjaga higienitas produk, sehingga Insya Allah akan semakin laris karena masyarakat yakin dengan kualitas makanan-minumannya,” papar Ipuk, Senin (28/3).

Ipuk menginstruksikan Puskesmas dan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) untuk aktif jemput bola membantu PKL dan UMKM. “Datangi UMKM, bantu mereka menyiapkan diri mengikuti Pasar Takjil,” jelas Ipuk.

Dinas-dinas lain, kecamatan, hingga pemerintah desa, lanjut Ipuk, juga harus bergerak membantu. “Tata dengan baik, fasilitasi dan dukung karena UMKM ini pahlawan ekonomi, berjuang mencari nafkah untuk keluarga termasuk lewat Pasar Takjil,” ujar bupati perempuan itu.

Bupati Ipuk menambahkan, pasar takjil ini diharapkan memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM di Banyuwangi. Bakal ada ratusan Pasar Takjil di seluruh Banyuwangi, di setiap desa/kelurahan dipastikan ada.

“Ekonomi rakyat harus tetap jalan. Untuk itu, seperti tahun lalu, saya mengizinkan pasar takjil beroperasi dengan protokol kesehatan. Ini instrumen pemulihan ekonomi, menuju Banyuwangi Rebound, gerakan kita bersama untuk pulih dari pandemi,” ujar Ipuk.

“Pasar Takjil menjadi salah satu ciri khas penanda antusiasme masyarakat dalam menyambut Ramadan dengan penuh kegembiraan. Pasar Takjil menghadirkan berkah ekonomi sekaligus berkah persaudaraan karena semua warga guyub berinteraksi satu sama lain saat mencari makanan-minuman favoritnya,” ujarnya.

Disinggung soal makanan-minuman favorit di Pasar Takjil yang kerap dibeli Ipuk tahun-tahun sebelumnya, bupati berkaca mata itu menyebut, “Kalau kuliner Banyuwangi cuma ada dua, enak dan enak banget. Favorit saya patola, kopyor roti, dan kolak pisang,” kata Ipuk. (kmf, ayu)

baca juga :

Kitchen Express, Kirimkan Olahan Restoran ke Rumah

Redaksi Global News

Layanan Drive Thru Penukaran Uang 2023 Ditutup, Total Uang Yang Ditukar Tembus Rp 60 Miliar

Redaksi Global News

Resmikan Embung Samiran, Bupati Syafii Tabur Benih Ikan

Redaksi Global News