Global-News.co.id
Metro Raya Pendidikan Utama

Beasiswa Penghafal Kitab Suci, Pemkot Surabaya Sediakan 1.160 Kuota

Salah satu siswa SMP saat mengikuti penghafal kitab suci yang digelar Dinas Pendidikan di SMP 17 Agustus 1945 (SMPTag) Surabaya, Rabu (9/3).

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemerintah Kota Surabaya menyediakan 1.160 kuota beasiswa bagi pelajar penghafal kita suci untuk jenjang TK, SD, hingga SMP di Kota Pahlawan, Jawa Timur.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Yusuf Masruh, Kamis (10/3), mengatakan, saat ini terdapat 1.792 pelajar di Surabaya yang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti Seleksi Penerimaan Beasiswa bagi Pelajar Penghafal Kitab Suci. Sedangkan untuk kuota yang disediakan sebanyak 1.160 pelajar.

“Langkah ini merupakan misi dari Pemkot Surabaya untuk mewujudkan SDM yang unggul, berkarakter, dan religius, serta berbudaya dalam bingkai kebhinekaan,” kata Yusuf.

Dengan adanya pemberian beasiswa penghafal kitab suci ini, diharapkan dapat melahirkan generasi emas yang mencintai dan mengamalkan kitab suci dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan ikhtiar mulia untuk memberikan apresiasi kepada pelajar di Kota Surabaya, program ini dapat terus dilakukan hingga membawa dampak positif bagi penerima beasiswa,” ujarnya.

Pengurus Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag) Kota Surabaya, Yordan M. Batara-Goa, mengatakan, program beasiswa penghafal kitab suci ini sangat baik, karena Pemkot Surabaya berusaha mengayomi semua agama.

“Ini adalah cermin pelaksanaan Pancasila di negara kita, bahwa pemerintah betul-betul berusaha agar semua agama diperhatikan, diayomi, dan juga diapresiasi,” ujarnya.

Menurutnya, program ini harus menjadi percontohan bagi daerah yang lainnya, agar Pancasila bisa terimplementasi dengan baik. Oleh karena itu, Bamag Surabaya mengapresiasi langkah Pemkot Surabaya terkait program beasiswa tersebut.

Seleksi Penerimaan Beasiswa bagi Pelajar Penghafal Kitab Suci yang dibuka Walikota Surabaya Eri Cahyadi di Graha Bunda PAUD, Rabu (9/3) tersebut diikuti masing-masing perwakilan dari setiap pemeluk agama, yakni Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. (pur)

baca juga :

Pemkot-Baznas Tebus 529 Ijazah Pelajar SMA/SMK Swasta se-Surabaya

Mendagri Tunjuk Punjul Santoso Jadi Plt Walikota Batu

Redaksi Global News

Liga 1: Persib Akan Habis-habisan di Sisa Laga