Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Walikota Surabaya Sebut Tidak Ada Konsep Asal Gusur PKL Tanpa Solusi

Dokumentasi – Petugas Satpol PP menertibkan pedagang kaki lima di pinggir kawasan Jl Gembong Kota Surabaya, Selasa (1/2)

SURABAYA (global-news.co.id) – Walikota Surabaya Eri Cahyadi menegaskan tidak ada lagi konsep asal gusur pedagang kaki lima (PKL) tanpa adanya solusi khususnya selama berlangsungnya pandemi Covid-19 di Kota Pahlawan, Jawa Timur.

“Saya perintahkan Satpol PP untuk tidak asal gusur,” kata Walikota Eri Cahyadi, Senin (21/2).

Menurut dia, pihaknya dalam beberapa waktu terakhir intens menggerakkan kantong-kantong usaha mikro kecil menengah (UMKM), mulai dari Kampung Wisata Kue di kawasan Rungkut, pengembangan Tunjungan Romansa, pelibatan UMKM dalam produksi seragam-sepatu pelajar, dan sebagainya.

“Kami akan rangkai semuanya menjadi sebuah gerakan menggeliatkan UMKM agar omsetnya naik, dan berujung ke pembukaan lapangan kerja,” ujarnya.

Dari sisi PKL, Walikota Eri berjanji akan melakukan pengembangan dan penataan. Sehingga, lanjut dia, nantinya sudah tidak ada lagi konsep asal gusur tanpa solusi.

“Kami kembangkan solusi-solusi penataan karena bagaimanapun PKL adalah warga Surabaya yang mencari makan dengan penuh perjuangan, mereka sangat mulia karena tidak mau menyerah berjuang untuk keluarga, dan tidak berpasrah diri ingin masuk kelompok MBR,” ujar dia.

Namun, lanjut dia, setelah diberi tempat berdagang yang representatif, aturan-aturannya tetap harus dipatuhi oleh PKL.

Walikota sebelumnya mengatakan, pihaknya juga menyiapkan tiga strategi guna mengoptimalkan program padat karya yang bertujuan menggerakkan kembali roda perekonomian di Kota Surabaya yang terdampak selama pandemi Covid-19.

Tiga strategi yang dimaksud adalah padat karya berbasis UMKM, optimalisasi dan percepatan belanja APBD serta kolaborasi korporasi besar maupun investor untuk bermitra dengan UMKM.

“Saat ini Pemerintah Kota Surabaya sudah menyiapkan sejumlah program intervensi untuk UMKM dan PKL,” katanya. (pur)

baca juga :

‘Jaksa Sahabat Dokter’ Upaya Cegah Salah Urus Dana Kapitasi

Redaksi Global News

Jokowi Akan Rampingkan 18 Lembaga Non Struktural

Redaksi Global News

Pemprov Jatim Gelontor Sembako untuk Dapur Umum di Malang Raya

Redaksi Global News