Global-News.co.id
Kesehatan Metro Raya Utama

Vaksinasi Penguat, Kota Surabaya Siapkan Strategi Percepatan Pelaksanaan

Pelayanan vaksinasi Covid-19 penguat di satu pusat perbelanjaan di Kota Surabaya, Jatim

SURABAYA (global-news.co.id) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, menyiapkan strategi percepatan pelaksanaan vaksinasi penguat. Yakni penyuntikan tambahan dosis vaksin bagi warga yang sudah mendapat suntikan dua dosis vaksin Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Nanik Sukristina, mengatakan, upaya percepatan pelaksanaan vaksinasi penguat antara lain dilakukan dengan menyediakan pelayanan vaksinasi di pusat-pusat perbelanjaan.

“Puskesmas juga membuka beberapa pos vaksinasi di wilayahnya, ini untuk menyasar masyarakat yang belum vaksin. Kecuali itu melakukan sweeping atau jemput bola ke rumah-rumah bagi lansia yang tidak bisa datang ke pos vaksinasi,” katanya, Rabu (16/2).

Nanik mengimbau warga Surabaya mendatangi sentra-sentra pelayanan vaksinasi massal yang telah disediakan pemerintah di mal dan puskesmas untuk menjalani vaksinasi penguat.

Ia mengatakan, vaksinasi penguat dilaksanakan untuk meningkatkan ketahanan tubuh warga terhadap serangan virus corona penyebab Covid-19.

Menurut ketentuan pemerintah, vaksinasi penguat dilakukan pada warga berusia 18 tahun ke atas yang sudah mendapatkan suntikan dua dosis vaksin Covid-19. Vaksinasi penguat dilakukan minimal enam bulan setelah vaksinasi dosis kedua.

Menurut Nanik, kejadian ikutan pasca-imunisasi dalam pelaksanaan vaksinasi penguat tidak banyak serta rata-rata ringan dan bersifat temporer. (pur)

baca juga :

Hadapi Banyak Tekanan, Pelatih Barito Putera Tetap Optimistis

Redaksi Global News

Jokowi Bakal Berlakukan PPKM Darurat di 6 Provinsi dan 44 Kabupaten dan Kota

Titis Global News

Antisipasi Banjir Susulan, Pemkot Surabaya Keruk Sedimentasi Kalimas

Redaksi Global News