Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Malang Raya Utama

UMKM Malang Raya Diminta Manfaatkan Teknologi untuk Kembangkan Usaha

DPRD Jawa Timur (Jatim) meminta para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Malang Raya memanfaatkan teknologi

MALANG (global-news.co.id) – DPRD Jawa Timur (Jatim) meminta para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Malang Raya memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usaha dan memperluas pemasaran produknya.

“Sekarang teknologi maju pesat. Maka digital marketing harus mulai dicoba para pelaku UMKM. Cara-cara konvensional harus mulai diubah agar usaha semakin berkembang,” kata Anggota Komisi B DPRD Jatim, Aufa Zhafiri saat kegiatan serap aspirasi (reses) di Balai RW 12 Plaosan Timur, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jumat (4/2).

Dia berharap, pelaku usaha mau berinovasi agar tetap survive, terutama di masa pandemi.  “Kalau dulu, orangtua kita berjualan pecel harus buka warung. Kini sudah berbeda zamannya. Kita bisa berjualan secara online. Tak perlu lagi punya toko, cukup dari rumah saja kita sudah bisa menghasilkan uang,” kata politisi muda Fraksi Gerindra ini.

Aufa juga, berjanji akan membantu menfasilitasi termasuk kebutuhan sarana dan prasarana. Sebab, banyak program di Pemprov Jatim yang bisa dimanfaatkan. “Silakan buat proposal, nanti akan kami bantu, apa saja yang dibutuhkan, yang penting tidak atas nama pribadi,” katanya.

Selain itu, dia juga berharap agar para pelaku UMKM meningkatkan kompetensinya, mulai dari komunikasi dengan pelanggan, meningkatkan mutu atau kualitas produk hingga memperluas jaringan pasar. Pasalnya, kompetitor semakin banyak, termasuk yang telah memanfaatkan platform digital.

Berdasarkan Data Dinas Koperasi dan UKM Jatim, jumlah UMKM di seluruh Jatim hingga akhir tahun 2021 mencapai 9,7 juta. Karena itu UMKM menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi terbesar di Jatim. (jnr, kmf)

baca juga :

Pastikan Kemenangan Pilkada, PKS Jatim Tuntaskan Roadshow ke -19 Daerah

Redaksi Global News

Real Count KPU, Komeng Masih Unggul di DPD Jabar dengan 1,8 Juta Suara

Redaksi Global News

Pertamina Pastikan Proyek Kilang Balikpapan Tetap Jalan

Redaksi Global News