Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Kesehatan Utama

Terjadi Lonjakan Kasus Covid-19, Gresik Masuk PPKM Level 2

Kabupaten Gresik di antara 21 kabupaten/kota yang masuk PPKM level 2

GRESIK (global-news.co.id) – Kabupaten Gresik naik satu level dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), menjadi Level 2 setelah per 8 Februari 2022 terdapat penambahan sebanyak 151 kasus Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, dr Mukhibatul Khusnah, Rabu (9/2), mengatakan, sebelumnya Gresik berstatus PPKM Level 1 sejak September 2021 dan sesuai dengan Imendagri tanggal 7 Februari 2022 menyusul dengan peningkatan kasus aktif Covid-19 naik menjadi level 2.

“Terkait adanya varian omicron dan varian delta yang lebih dulu melanda, saat ini yang terpenting adalah kita bersama-sama menjaga kesehatan kita,” ujar Mukhibatul.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, meminta agar kegiatan vaksinasi dan tracing terus dimaksimalkan.

“Vaksinasi ini memang perlu kita dorong capaiannya untuk tuntas. Kita usahakan untuk capai 100 persen di dosis pertama dan diikuti dengan dosis kedua. Selain itu, perlu dilakukan tracing berkala baik itu di lingkungan sekolah, maupun lingkungan kerja termasuk di kantor-kantor,” ujar Gus Yani, sapaan akrab Fandi Akhmad Yani.

Gus Yani mengatakan vaksinasi merupakan satu cara menghadapi pandemi yang memiliki risiko atau dampak yang paling kecil disamping kebijakan-kebijakan yang lain.

Terkait status PPKM Level 2, Gus Yani menginstruksikan semua sektor berjalan mengikuti aturan sesuai level PPKM yang berlaku saat ini.

“Dan mengingat Kabupaten Gresik merupakan daerah industri maka akan dimaksimalkan komunikasi dengan pihak perusahaan agar bisa menyiapkan juga tempat isolasi dan tentunya penegakan protokol kesehatan di lingkungannya,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Gresik, Aminatun Habibah, mengatakan sesuai dengan level PPKM yang berlaku maka bagi sektor esensial bisa beroperasi maksimal 75 persen, untuk sektor kritikal seperti sektor kesehatan bisa beroperasi 100 persen, pasar beroperasi maksimal 75 persen, tempat ibadah maksimal 75 persen, kegiatan seni dan budaya 50 persen, dan sektor pendidikan maksimal 50 persen.

Kabupaten Gresik termasuk dalam 21 kabupaten/kota di Jatim yang masuk PPKM Level 2. Selain itu, per 7 Februari 2022 terdapat 15 kabupaten/kota yang berstatus PPKM Level 1 dan dua kabupaten/kota berstatus PPKM Level 3. (ntr, ins)

baca juga :

Universitas Muhammadiyah Palembang Gelar Pelatihan Regresi dan Structural Equation Modeling

gas

Wisman Masuk Jatim Melalui Juanda Naik 245% selama Februari 2021

Titis Global News

Petrokimia Gresik Raih Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan