Global-News.co.id
Madura Utama

Sukses Gelar DTS-TA, Pamekasan-BPSDMP Kominfo Surabaya Segera Gelar DTS-DEA 

PAMEKASAN (global-news.co.id) –Setelah sukses menggelar pelatihan Digital Talent Scholarship skema Thematic Academy (DTS-TA), BPSDMP Kominfo Surabaya bersama dengan Pemerintah Kabupaten Pamekasan akan melanjutkan menggelar DTS  skema Digital Entrepreneurship Academy (DEA).
Imam Wahyudi Humas Dinas Kominfo Kabupaten Pamekasan mengatakan pelatihan ini akan diikuti ratusan pelaku UMKM dan akan digelar secara tatap muka. Pelatihan DTS-DEA di Pamekasan ini akan digelar selama dua hari mulai Selasa hingga Rabu (22-23/2/22).
Untuk mensukseskan pelatihan ini Imam Wahyudi mengaku telah  berkoordinasi dengan OPD pengampu, antara lain Dinas Koperasi UKM, Disperindag, DPM PTSP dan Naker, serta DP3AP2KB selaku Dinas yang membidangi beberapa usaha yang bersentuhan dengan masyarakat.
Imam Wahyudi yang akrap disapa Yudhis ini mengungkapkan DTS ini meliputi banyak bidang atau skema kegiatan yang bisa diikuti oleh masyarakat umum. Antara lain Fresh Graduate Academy (FGA),  Vocational School Graduate Academy  (VSGA), Thematic Academy (TA),  Professional Academy (FA), Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Talent Scouting Academy (TSA), Government Transformation Academy (GTA), Regional Development Academy (RDA) dan Digital Leadership Academy (DLA).
Khusus pelaksanaan DTS DEA, kata Yudhis, sebelumnya telah dipaparkan dihadapan Bupati Pamekasan dan Sekretaris Daerah serta beberapa pimpinan OPD terkait.
Pelaksanaan pelatihan DEA secara offline akan dilaksanakan diruangan milik OPD terkait. Diantaranya ruangan Laboratorium BKPSDM, ruang Rato Ebhu (PKK), ruang Wahana Wicaksana Praja, ruang rapat Bappeda.
Lalu di ruang rapat Dinas Koperasi dan UKM, di ruang rapat disporapar, ruang Aula Dinas Kominfo, ruang rapat Dinas Perikanan, ruang rapat Dinas DPRKP, dan ruang rapat Disperindag.
“Program Digital Talent Scholarship di desain untuk menciptakan ekosistem seimbang dalam memaksimalkan peran pentahelix yang meliputi aparat pemerintah, komunitas masyarakat, Institusi Pendidikan Tinggi, Dunia Usaha, dan Media untuk menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital,” tutur Yudhis.
Yudhis berharap peserta yang telah mendaftar untuk bisa hadir sesuai dengan ketentuan yang telah diedarkan  melalui link pendaftaran. Yang paling penting, kata dia, peserta wajib patuhi protokol kesehatan sehingga bisa beraktifitas dengan aman dan tetap produktif sekalipun kegiatan digelar dimasa pandemi Covid 19.
Digital Talent Scholarship ini, lanjut Yudhis, adalah upaya  Kementerian Kominfo RI mendukung pengembangan talenta digital Indonesia. Di Jawa Timur hanya ada dua kabupaten yang dipilih sebagai tempat pelaksanaan yakni kabupaten Pamekasan dan Magetan. Dua kabupaten ini dipilih karena perkembangan SDM pengguna internet sangat pesat dan pengurusan perizinannnya sangat excellent.
Khusus di Pamekasan,kata Yudhis, sebelumnya Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Surabaya, pernah sukses menggelar beberapa event pelatihan kerjasama dengan Pemkab Pamekasan diantaranya Pelatihan dan Sertifikasi Bidang TIK (2020), E-Commerce (2020), Design Grafis (2021) dan juga sukses besar melaksanakan pelatihan secara offline Digital Enterpreurship Academy, yang digelar tanggal 20-22 September 2021 lalu.
“Berita gembiranya bahwa program DTS juga berupaya membuka peluang kerja bagi lulusannya melalui platform yang dinamakan SIMONAS. SIMONAS adalah platform yang dikembangkan untuk mempertemukan pencari kerja alumni DTS dengan perusahaan atau industri yang sedang membutuhkan pekerja,” ungkapnya.
Pencari kerja pada aplikasi SIMONAS adalah peserta yang telah mengikuti pelatihan Digital Talent Scholarship. Sedangkan perusahaan yang membuka lowongan di SIMONAS adalah perusahaan yang telah bermitra dan telah melalui tahapan review oleh Tim Simonas. (mas)

baca juga :

Erupsi Semeru, Masyarakat Terdampak Terima Bantuan 1.500 Unit Kompor

Redaksi Global News

Gubernur Jatim Tambah Empat Daerah Wajib Terapkan PPKM

Redaksi Global News

Temasek Resmi Lego Bank Danamon

Redaksi Global News